Life

Kiat Menghadapi Musim Hujan

a8b847aa-e34b-3dcc-ab34-4767f747228f1511490680

Ketika memasuki masa pada nama-nama bulan yang berakhiran –ber (September, Oktober, November, dan Desember) sebagian besar wilayah di Indonesia baik dari ujung yang paling timur sampai ke ujung barat pasti sedang memasuki musim hujan. Nah, karena kita tidak bisa menghindari turunnya air hujan namun kita masih diberi akal untuk mengantisipasinya. Berikut adalah beberapa cara dalam menghadapi musim hujan

 

  1. Mengecek kelembaban udara, sebelum benar-benar hujan turun biasanya terjadi fenomena kelembaban udara yang cukup ekstrim. Dari fenomena ini kita bisa memprediksi bahwa dalam beberapa waktu setelahnya akan turun hujan.
  2. Memanfaatkan teknologi, di zaman yang serba canggih ini kita tidak hanya memanfaatkan ramalan cuaca yang tayang di televise atau media cetak tetapi kita dengan leluasa mengecek ramalan cuaca pada hari ini atau bahkan untuk 7 hari ke depan dan ketepatan aplikasi ramalan cuaca (Accu Weather, Weather Forecast, dll) ini tidak perlu diragukan.
  3. Peribahasa sedia paying sebelum hujan memang benar adanya, akan tetapi selain payung ada beberapa benda lain yang berfungsi sangat penting dalam mengarungi musim hujan. Benda-benda tersebut adalah jas hujan, jaket, sandal karet. Benda tersebut amat sangat wajib dibawa kemanapun karena sesuai peribahasa di atas bersiap-siap itu lebih bijaksana sifatnya.
  4. Menghindari rute yang berpotensi banjir, beberapa wilayah dan ruas jalan tertentu biasanya amat sangat potensial mengalami banjir atau bahkan hanya sekedar tergenang oleh air ketika hujan turun. Maka cara yang paling mudah mengatasi rute langganan banjir ini adalah mencari rute lain yang tidak banjir.
  5. Menjaga kebersihan, selain menjaga kebersihan diri menjaga kebersihan lingkungan pun merupakan suatu kewajiban dalam hidup. Kebiasaan buruk dalam membuang sampah sembarangan selain menjadi sumber utama penyakit adalah penyebabg utama banjir di kala musim hujan.
  6. Berdamai dengan air hujan, berapa banyak sutradara film yang memanfaatkan hujan sebagai komponen utama adegan romantis? Mulai dari film-film Hollywod sampai Bollywood dengan jeli memanfaatkan air hujan ini. Janganlah ragu atau gengsi untuk berbasah-basah ria ketika hujan turun, karena memang ini momen yang romantis bukan? Pastikan anda tidak terkena demam setelahnya.
Advertisements

Leave a Reply