Life

Waspada Metabolisme Tubuhmu Sedang Menurun

metabolism tubuh memiliki peranan penting untuk mengolah semua nutrisi yang terdapat pada tubuh kamu untuk dijadikan energi. Dapat dikatakan memiliki tubuh yang fit dan gesit berkat metabolism tubuh kamu yang baik, namun metabolisme tubuh tidak setiap saat berada pada kondisi yang prima. Terdapat kondisi kamu tidak melakukan apapun namun tubuh mu merasa sangat lelah, hal ini diakibatkan oleh metabolism tubuh kamu sedang menurun. Atau kamu makan dalam porsi yang normal namun berat badan semakin bertambah atau bahkan berkurang, ini berhubungan dengan metabolism tubuh.

Hal ini bisa jadi normal karena semakin kamu bertambah tua, metabolism tubuhmu mengalami penurunan.  Namun apabila kamu mengalami tanda-tanda dibawah ini, kamu harus hati-hati dan mulai memperhatikan kondisi tubuh kamu karena metabolisme kamu sedang dalam kondisi yang tidak prima. Berikut adalah tanda-tanda bahwa metabolism tubuh kamu sedang terganggu:

1. Kamu merasa sangat lelah

Banyak hal yang bisa membuat kamu lelah, seperti seharian beraktivitas, gym ataupun kekurangan tidur. Tapi apabila kamu merasa lelah tanpa melakukan sesuatu, Lisa Moskovitz, R. D dan CEO dari NY Nutrition Group mengungkapkan bahwa hal tersebut merupakan tanda kalau metabolism tubuh kamu sedang menurun sehingga mengakibatkan proses pengolahan makanan menjadi energy dari dalam tubuh kamu tidak berlangsung dengan baik

2. Kulit dan rambut kamu kering

Sering melembabkan kulit atau merasa bad hair day? Ini bisa jadi tanda bahwa metabolism tubuh kamu sedang menurun hal ini dikarenakan tubuh kamu tidak mengolah nutrisi dan sel-sel yang dibutuhkan dengan baik sehingga berdampak pada kulit dan rambut kamu menjadi kering.

3. Selalu ingin yang manis-manis

Siapa sih di jaman sekarang yang tidak suka makanan manis? Apalagi dinikmatin untuk menjadi hidangan penutup, tapi kalau kamu selalu ingin mengkonsumsi makanan yang manis-manis setiap saat hal ini menandakan bahwa metabolism tubuh kamu sedang menurun lho meskipun kamu sudah mendapatkan tidur yang berkualitas atau mengkonsumsi makanan yang sehat.

4.Berat badan bertambah!

Nah ini yang cukup bermasalah untuk kamu yang ingin memiliki tubuh ideal, kamu sudah diet dan mengkonsumsi makanan yang sehat sesuai dengan kalori dan asupan nutrisi lainnya yang kamu butuhkan dalam sehari, namun kenapa berat badan semakin bertambah? Sesuatu hal sedang terjadi pada metabolism tubuh kamu, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter atau pakar diet mengenai masalah ini.

5. Merasa dingin setiap saat

Bukan berarti kamu butuh kehangatan lho, ternyata apabila kamu merasa dingin setiap saat terutama pada suhu ruangan yang normal hal ini menandakan bahwa metabolism tubuh kamu sedang menurun. Jadi apabila kamu sering mengalami masalah ini, kamu tahukan apa penyebabnya.

6. Super Moody

Metabolisme yang menurun tidak secara langsung berpengaruh kepada mood kamu, Moskovitz menjealskan yang membuat kamu menjadi orang yang super moody bisa saja dikarenakan oleh efek-efek dari menurunnya metabolism tubuh kamu seperti kamu merasa cepat lelah sehingga kondisi hati juga terganggu.

Apabila kamu mengalami gejala-gejala diatas, sebaiknya kamu menemui para ahli untuk dicarikan masalahnya agar kondisi tubuh kamu dapat fit kembali.

Leave a Reply