Art Life

Mereka Ulang Foto Yang Sudah Berumur 17 Tahun

Kedip, sehari berlalu, kedip, satu tahun, dua tahun, sepuluh tahun. Waktu yang tidak dapat dihentikan memaksa kita untuk tetap terus hidup bersamanya, dan untuk menandai bagian ini, Josephine Settenfeld membuat ulang foto rekan-rekannya yang ia ambil pada tahun 2000.

Pada masa itu, Sittenfeld merupakan siswa baru di Universitas Princeton. Dia memfoto teman-temanya pada film medium-format, namun foto tersebut justru malah dipenuhi debu di kloset milik orang tuanya. Namun musim semi yang lalu, menjelang lima belas tahun reuni, dia ingat foto-foto tersebut lalu membuat ulang pada waktu reuni.

Voila hasilnya adalah “sebuah reuni”, sebuah seri dari sebelum-dan-sesudah sesi foto yang memiliki perasaan perkumpulan kelas itu sendiri. Hasil fotonya menunjukan sebuah percepatan transformasi setiap individunya daripada sebuah perubahan jangka ppanjang yang bertahap. “pada usia 20-an, saya merasakan sesuatu yang tak berwujud, tak terlukiskan, namun penuh energi,” ungkapan mantan rekan Sittenfeld. “tapi saat ini apakah saya mampu untuk menjelaskannya-sebuah perasaan akhir dari kehidupan selanjutnya”. Pada akhir sesi foto, orang yang berada di depan lensa terlihat kurang mampu menahan rasa intim. Bahu belakang, badan kurang tegap. Apakah ini karena kenangan akan semua yang terjadi pada masa lampau?

#1 Sophie

a

#2 Ellie Kemper From “The Office”

#3 Larry

#4 Becky

#5 Ethan

#6 Aili

#7 Tenley And Ryan

#8 Anna

#9 Eveline

#10 Olympia

k

Advertisements

Leave a Reply