Life

Ingin Produktif di Tahun 2018, Ini 5 Tipsnya

Memasuki tahun 2018 apakah kamu sudah mempersiapkan diri untuk menjadi pribadi yang produktif? Mempersiapkannya mulai dari sekarang sepertinya dapat menjadi langkah yang tepat terlebih kamu bisa mereview terlebih dahulu bagaimana perkembangan diri kamu selama 1 tahun ini, kamu dapat memetakan mana yang ingin kamu perbaiki pada tahun 2018 nanti.

Agar kamu dapat semakin produktif di tahun 2018, dilansir dari Forbes berikut adalah 5 tips yang dapat kamu terapkan sebelum dan ketika memasuki tahun 2018.

  1. Perjelas tujuan kamu

Menentukan tujuan kamu untuk tahun depan mulai dari sekarang dapat menjadi langkah awal yang bagus untuk memulai, duduk dan tenangkan diri kamu sejenak lalu pikirkan apa yang ingin kamu capai apda tahun 2018 nanti. Tentukan hal yang ingin kamu capai secara personal, bisnis, kesehatan atau bahkan masalah percintaan kamu. Tentukan jangka pendek dan panjangnya dan pastikan pula bahwa tujuan yang ingin kamu capai merupakan sesuatu yang realistis dan dapat dicapai. Misalnya kamu ingin menurunkan berat badan sebanyak 5kg dalam waktu 1 hari tentunya hal ini merupakan tidak realistis dan tidak dapat dicapai. Oleh karena itu kamu perlu menentukan jangka pendek dan jangka panjang dari hal yang ingin kamu capai. Apabila kamu tidak memiliki perencanaan waktu yang jelas maka dapat dipastikan kamu nantinya akan terus menunda-nunda dan berujung pada tahun 2018 tidak berjalan sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

2. Hilangkan Alasan dan Fokus

Satu ini bisa saja cukup sulit dilakukan karena kondisi lingkungan sekitar yang selalu berubah-ubah. Namun kamu bisa lho mengendalikannya, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengetahui terlebih dahulu tantangan dan gangguan apa yang akan kamu hadapi ketika sedang menuju ketujuan kamu. Kedua, tentukan cara kamu menangani tantangan dan gangguan-gangguan tersebut agar kamu dapat mencapai tujuan kamu.

Cara yang dapat kamu lakukan untuk melewati gangguan-gangguan tersebut adalah dengan fokus pada hal yang kamu kerjakan, baik itu fokus pada satu hal dalam waktu satu hari, satu minggu atau satu bulan sehingga kamu dapat dengan lebih cepat mencapai tujuan kamu.

3. Ketahui mengenai diri kamu

Oke, mengetahui seluk beluk diri sendiri akan berguna untuk memberikan kamu dorongan agar dapat mencapai tujuan kamu di 2018. Tanyakan ini pada dirimu, apa yang membuat kamu semangat dengan pekerjaan kamu? Apa hal yang membuat kamu tidak semangat terhadap apa yang kamu kerjakan? Kapan waktu terbaik kamu bekerja? Dipagi hari atau mungkin malam hari?

Cari tahu semua pertanyaan-pertanyaan mengenai diri kamu dengan fokus selama sesaat tanpa adanya gangguan dari apapun.

4. Proses adalah kekuatan

Progres merupakan bagian terbesar untuk memberikan kamu dorongan untuk mencapai tujuan kamu. Progres juga dapat membuat kamu menjadi pribadi yang lebih baik memberikan kebahagiaan dan rasa akan pencapaian. Untuk mengetahui bagaimana kamu telah menikmati progres, kamu dapat membuat sebuah tolak ukur untuk melihat perkembangan kamu untuk mencapai tujuan. Review secara berkala dan lihat apakah kamu semakin dekat dengan tujuan kamu. Dan jangan lupa untuk mengingatkan diri kamu untuk mencapai tujuan.

5. Menjadikannya sebuah kebiasaan

Ketahui langkah-langkah apa saja yang dapat membuat kamu lebih dekat dengan tujuan kamu, buatlah sebuah kebiasaan untuk mendorong kamu lebih produktif dengan menentukan apa saja yang akan kamu lakukan dari pagi hingga malam hari yang didesain khusus untuk produktifitas kamu. Optimalkan waktu kamu agar dapat mencapai apa yang kamu inginkan.

Kamu dapat mencoba untuk mereview apa saja kegiatan yang telah kamu lakukan seharian ini agar produktif sebelum tidur agar keesokan harinya kamu sudah memiliki perencanaan untuk memanfaatkan waktu agar lebih produktif. Bangun sebuah ritual dan kebiasaan dan ketahui mana yang memberikan pengaruh terhadap produktifitas kamu.  

Advertisements

Leave a Reply