Life

Penyakit Liver Akan Menjadi Pemuncak Penyebab Kematian Dini pada Tahun 2020: Alkohol dan Obesitas adalah Penyebab Utamanya

Sumber Foto: Daniel Frank

Penyakit Liver akan melangkahi Penyakit Jantung sebagai penyebab utama  kematian dini pada tahun 2020. Menurut riset banyak penderita penyakit liver ini adalah anak muda atau yang masih berumur pertengahan.

Sebuah penelitian utama menyebutkan alkohol dan obesitas adalah penyebab utama penyakit liver dan banyak dari mereka yang akan mengalami kematian  ini adalah anak muda. Para peneliti memperkirakan usia kerja produktif akan hilang karena penyakit ini. Sebuah ukuran penyebab kematian dini ini akan menimpa orang yang berumur pra-pensiun, dan sebagian orang dewasa akan meninggal dini. Sebuah studi memperkirakan pada tahun 2020 penyakit liver akan melangkahi penyakit jantung dengan 80.000 tahun usia kerja produktif akan hilang setiap tahunnya.

Sebagai perbandingan akan ada sekitar 76.000 tahun usia kerja produktif yang hilang akibat sakit jantung, dan angkanya akan semakin menurun. Profesor Nick Sheron, seorang ahli liver dari Universitas Southampton menambahkan dalam penelitannya mengatakan bahwa banyak kematian akan dialami oleh orang dengan usia masih sangat muda.

Dia mengatakan: mereka adalah anak-anak muda, saya telah menelaah pada dua sampai tiga minggu lalu dan sepertiga pasiennya berumur di bawah 40 tahun.

 

Sebuah jurnal yang ditulis oleh Sophie Borland pada bulan lalu diterbitkan pada Lancet Medical Journal, mendesak pemerintah Inggris untuk mengikuti langkah pemerintah Skotlandia dalam menerapkan minimal harga untuk alkohol.

Bulan lalu Pemerintah Skotlandia mengumumkan bahwa mulai bulan Mei 2018, Alkohol akan dikenakan minimum harga 50 paun per unit.

Judy Rhys, Chief Executive dari British Liver Trust, mengatakan: banyak dari kita menaruh kehidupan liver kita dalam resiko karena mengkonsumsi terlalu banyak alkohol.

Angka yang mencengangkan menunjukan bahwa kita menghadapi krisis penyakit liver. Dibutuhkan jumlah biaya yang sangat besar untuk mengatasi penyakit liver secara dini dan kita harus yakin bahwa para praktisi memiliki alat-alat yang mereka membutuhkan untuk mendiagnosa secara dini dan mencegahnya.

 

Katherine Brown, seorang Chief Executive sebuah institut yang mempelajari alkohol mengatakan: laporan ini mengkonfirmasi ketakutan kita akan angka penyakit liver yang terus meningkat di Inggris. Ini berarti banyak orang menderita dan akan meninggal secara prematur justru karena penyakit yang dapat dicegah.

Ini merupakan sebuah tragedi untuk para keluarga dan komunitas di seluruh negeri. Sebuah bukti bagaimana untuk mengatasi masalah ini sangatlah jelas dan kita baru melihat sedikit bukti dari pemerintah. Memberi harga tidak murah pada alkohol melalui pengenalan harga minimum per unitnya akan membuat sebuah perbedaan yang signifikan untuk mengurangi penyakit liver dan akan menyelamatkan banyak nyawa.

Kemarin telah dilaporkan bahwa sama halnya pada penyakit liver, obesitas telah ditemukan secara langsung menyebabkan 18.000 kasus untuk kanker per tahun di Inggris. Satu dari 18 yang terdiagnosis merupakan kelebihan berat, menurut penelitian di Imperial College London.

Inggris memiliki prosentase obesititas tertinggi di Daratan Eropa- sebagaimana para ahli mengingatkan bahwa banyak orang yang memilki kelebihan berat pada saai ini dianggap sebagai “normal yang baru”. Minggu lalu sebuah studi menunjukan kehidupan yang tidak sehat juga menyebabkan meningkatnya jumlah kegagalan jantung.

Ada sekitar 190.798 kasus baru kegagalan jantung di inggris pada tahun 2014-naik 12 persen per dekade. Ini merupakan yang tertinggi walaupun jika dibandingkan dengan penggabungan kasus kanker usus, payudara, paru-paru dan prostat – 189.140 pada tahun 2014.

 

 

 

 

By Sophie Borland, Health Editor For The Daily Mail

Leave a Reply