Travel

7 Cara Supaya Bisa Traveling (Hampir) Gratis di 2018

Kalau lebih banyak traveling merupakan salah satu resolusi yang ada dalam ceklist, tak perlu khawatir, ada banyak cara untuk melakukannya. Tak harus berjudi untuk bisa mendapat biaya traveling, masih ada banyak cara mudah untuk tetap bisa traveling tanpa harus keluar uang banyak.

Kunci dari semua yaitu meluangkan waktu sebentar untuk membuat riset sederhana. Begitu banyak potongan tiket penerbangan, atraksi gratis, hingga penginapan yang terjangkau. Semua itu pasti murah, bahkan hampir terasa gratis. Dan semua menunggu untuk ditemukan.

  1. Menjadi sukarelawan di WWOF

Dalam rangka pertukaran ilmu dari petani organik, WWOF menawarkan akomodasi gratis dan kesempatan untuk belajar kemampuan baru dan budaya baru di tempat yang dituju. Meski semua ditanggung, tapi ada baiknya tetap membawa bekal yang cukup.

Selalu ingat, tetap pada tujuan utama jika mengikuti program semacam ini. Dan tetap tanggung jawab pada hasil pertukaran ilmu ini. Selebihnya, masih ada banyak organisasi semacam ini yang bisa diikuti, salah satunya bisa dilihat di situs Workaway.

  1. Mengajar Bahasa Inggris

Sudah ada banyak cerita relawan yang akhirnya menetap di negara yang dituju. Mengajar Bahasa Inggris di belahan negara lain lewat organisasi non-profit memang terlihat menyenangkan. Traveling sudah pasti, selain juga dapat mengenal budaya baru.

Apalagi, durasi mengajar seperti ini bisa berlangsung hingga sembilan bulan sampai dua tahun. Sudah begitu, beberapa organisasi juga akan memberi gaji bagi para sukarelawan. Jika ingin ikut program seperti ini, cukup lihat saja di situs TEFL.

  1. Mengantar seseorang ke luar negeri

Ide seperti ini juga bisa diterapkan. Semisal jika ada yang minta ditemani ke luar negeri untuk urusan apapun, kenapa tidak? Itu seperti traveling gratis yang kesempatannya tak datang dua kali. Meski harus membantu mengangkat tas, tapi itu bukan masalah besar.

Yang lain, jika punya keahlian menyetir, kenapa tak menawarkan kemampuan ini untuk orang lain yang mau traveling? Hanya saja, pastikan kalau semua syarat mengemudi sudah dipenuhi. Paling penting, siapkan fisik sebaik mungkin karena kondisi jalanan tak bisa ditebak.

  1. Minta gift card traveling

Kira-kira, hadiah seperti apa yang selalu diharap saat hari besar? Kado sudah terlalu biasa, gadget lama masih fungsional, lalu apa lagi? Kenapa tak meminta sebuah pengalaman tak terlupakan lewat selembar tiket pesawat beserta akomodasinya?

Ulang tahun berikutnya, minta pada kerabat hadiah berupa traveling, alih-alih barang yang hanya akan munumpuk di pojok kamar. Tak akan ada tumpukan benda tak berguna di kamar, yang ada hanya ada setumpuk memori indah dalam otak.

  1. Dapatkan hadiah traveling dari kartu kredit

Ada banyak iklan tentang pengumpulan poin dari produk-produk tertentu, termasuk dari kartu kredit. Tak harus selalu transaksi tiap hari untuk mendapat poin yang bisa ditukar dengan hadiah traveling. Menabung sudah cukup bisa memberi beberapa poin.

Belum lagi jika ada promo tertentu dari kartu kredit. Contoh mudah, begitu banyak iklan bertebaran berbunyi ‘gunakan kartu ini untuk mendapat potongan hingga 50 persen’. Tak ada yang salah jika mencoba, apalagi jika traveling merupakan resolusi utama di tahun baru 2018.

  1. Pertukaran pelajar

Khusus untuk pelajar, ada cara lain yang bisa dimanfaatkan untuk bisa traveling ke luar negeri tanpa harus keluar biaya. Pertukaran pelajar memang sudah tak semasif dulu, tapi tetap bisa diandalkan. Kampus besar biasanya masih menyediakan program seperti ini.

Jika tidak, coba cari info mengenai pertukaran pelajar di departemen pendidikan. Selain pertukaran pelajar, penelitian di luar negeri atau lomba pelajar tingkat dunia bisa jadi cara lain untuk bisa melancong tanpa biaya. Sekali lagi, ini hanya masalah mencari informasi.

  1. Kunjungan kerja

Bagi pekerja, ada juga cara untuk bisa bepergian secara gratis. Semua akomodasi, termasuk pengeluaran sehari-hari, biasanya akan ditanggung perusahaan. Semua sudah disiapkan oleh perusahaan, syaratnya cuma satu, asah kecakapan dalam pekerjaan.

Tentu saja kunjungan kerja waktunya sangat terbatas, dan harus segera kembali melapor ke perusahaan. Untuk hal ini, mengambil tambahan cuti sangat disarankan. Selain untuk liburan, juga diperlukan untuk menyusun laporan tentang hasil kunjungan kerja.

 

Source: http://www.cosmopolitan.com/lifestyle/a14458010/how-to-travel-for-free/

Advertisements

Leave a Reply