Life

Perbedaan Usia Yang Pas dalam Suatu Hubungan

Jarak perbedaan usia yang pas bagi pasangan yang menjalin cinta terkadang menjadi sebuah perdebatan yang tidak ada ujungnya, ini dikarenakan tidak ada angka yang pasti dalam hal ini. Pasangan yang mempunyai umur sama, pasangan yang usia laki-lakinya lebih tua dari perempuan, atau pasangan yang usia perempuannya lebih tua dari laki-laki pun mempunyai keunikannya masing-masing.

Tapi menurut norma sosial yang berlaku di masyarkat luas jarak usia 10 tahun merupakan angka yang paling maksimal karena jika lebih dari itu akan terjadi sebuah perbedaan pemikiran yang amat signifikan.

Menurut psikolog Pusat Informasi dan Rumah Konsultasi Tiga Generasi, Anna Margaretha Dauhan, hubungan cinta dengan pasangan yang terpaut jauh usianya bisa memunculkan problematika, salah satunya stigma sosial.

Bagi masyarakat, menjalin hubungan cinta dengan pasangan yang usianya terpaut jauh semacam itu bukanlah hal umum.

Setiap hubungan pasti memiliki cobaan dan halangan yang berbeda. Karena itu, menurut Anna, memahami diri sendiri, pasangan, dan tantangan yang akan dihadapi dalam suatu hubungan sangat diperlukan.

Bentuklah komunikasi aktif dengan pasangan dan berlatih mengelola konflik, terutama dalam hal perbedaan pandangan. Itu akan sangat membantu membentuk hubungan cinta yang harmonis meski dengan perbedaan usia yang jauh sekali pun.

 

 

Advertisements

Leave a Reply