Sport

Rangkuman Pertandingan Liga Inggris Pekan ke-16

 

 

WEST HAM UNITED 1 – 0 CHELSEA

(Marco Arnautovic 6’)

Pertandingan pertama Liga Primer Inggris mempertumakn tuan rumah West Ham United melawan sang juara bertahan Chelsea, pertandingan bertajuk Derbi London ini dimenangkan oleh West Ham United yang bermain di London Stadium. Kemenangan ini merupakan kemenagan pertama The Hammers di bawah asuhan pelatih anyar mereka David Moyes. Marko Arnaotovic menjadi pahlawan kemenangan West ham setelah berhasil mencetak gol cepat di menit ke-6 dan ini merupakan satu-satunya gol di pertandingan tersebut. 3 poin yang berharga bagi The Hammers dengan kemenangan ini mampu menggeser posisi mereka di table klasemen menjadi ke 18 dan bagi Chelsea dengan kekalhan ini mereka masih harus tertahan di posisi 3.

 

TOTENHAM HOTSPURS 5 – 1 STOKE CITY

(Ryan Shawcross [OG] 21’, Son Heung-Min 53’, Harry Kane 54’, 65’, Christian Eriksen 74’, Ryan Shawcross 80’)

Totenham Hotspur mengakhiri rangkain buruk mereka setelah tidak pernah menang dalam 4 pertandingan sebelumnya kali ini Spurs menggilas Stoke City dengan skor 5-1, pertandingan ini digelar di Wembley Stadium kota London.

Setelah dalam beberapa pertandingan sebelumnya Harry Kane tidak mencetak gol lantaran cidera dan bermain tidak maksimal namun pada pertandingan ini sang top skor musim lalu kembali ke jalur mencetak gol, dengan 2 gol tanbahan ini Harry Kane untuk sementara berada di pemuncak pencetak gol terbanyak dengan total 12 gol bersama pemain asal Liverpool Mohamed Salah. 3 gol lainnya dicetak oleh gol bunuh diri Ryan Shawcross pada awal pertandingan, lalu 1 gol pemain asal Korea Selatan Son Heung-Min pada menit ke-65, dan 1 gol dari aksi Christian Eriksen pada menit ke-74. Ryan Shawcroos sempat memperkecil kedudukan pada menit ke-80, gol ini membayar kesalahannya di awal pertandingan namun tidak cukup untuk memperbaiki keadaan.

 

SWANSEA CITY 1 – 0 WEST BROMWICH ALBION

(Wilfried Bony 81’)

Wilfried Bony mencetak gol back-to-back di Liga Inggris untuk pertama kalinya dalam 3 tahun.  Pemain asal Pantai Gading ini mencetak gol pada menit ke-81 dan memberikan 3 poin bagi tim tuan rumah. Swansea City bermain dengan dukungan dari supporternya, pertandingan ini digelar di Liberty Stadium markas The Swans. 3 poin hasil pertandingan ini untuk sementara mampu menggeser Crystal Palace yang gagal meraih kemenangan setelah tidak sanggup mengeksekusi tendangan pinalti pada akhir pertandingan dan harus puas bernain imbang 2-2 melawan AFC Bournemouth.

 

HUDDERSFIELD TOWN 2 – 0 BRUGHTON AND HOVE ALBION

(Steve Mounie 12’, 43’)

Steve Mounie mencetak 2 gol kemenangan untuk Huddersfiled yang bermain di Jhon Smith’s Stadium markas The Terriers. Keduanya merupakan tim debutan di liga Primer Inggris. Steve Mounie mencetak gol pembuka pada menit ke-12, lalu mencetak gol kedua sebelum peluit babak pertama dibunyikan Mounie berhasil menanduk bola lewat umpan dari Zanka. Kemenangan ini mengakhiri 4 kekalahan beruntun The Terries, dengan tripoin ini Huddersfield naik ke peringkat 11 klasemen sementara.

 

CRYSTAL PALACE 2 – 2 AFC BOURNEMOUTH

(Luka Milivojevic 41’ [pen], Scott Dann 44’, Jermain Defoe 10’, 48’)

Pemain AFC Bournemouth Jermain Defoe justru mencetak gol lebih dulu pada menit ke-10 sebelum Crystal Palace menyamakan kedudukan pada menit ke-41 lewat tendangan penalti yang dieksekusi oleh Luka Milivojevic lalu selang 3 menit kemudian Scott Dann menggandakan keunggulan The Eagles lewat tendnagan jarak dekat. Di akhir babak tambahan babak pertama tepatnya di menit ke-48 Jermain Defoe kembali mencatatkan namanya di papan pertandingan, malang bagi The Eagles yang mempunyai kesempatan lebih guna meraih kemenangan ketiganya musim ini harus pupus akibat gagalnya Christian Benteke mengeksekusi sepakan penalty di akhir babak kedua. Ia mengambil alih tugas Milivojevic namun gagal, dan dengan hasil imbang ini Crystal Palace harus puas untuk menempati dasar klasemen.

 

BURNLEY 1 – 0 WATFORD

(Scott Arfield 45’)

 

Pertandingan yang diselimuti salju di Turf Moor Stadium kandang milik Burnley membawa berkah tersendiri, tim asuhan Sean Dyches berhasil mengalahkan Watford di kandang sendiri. Gol Burnley yang dicetak oleh Scott Arfield baru datang pada akhir pertandingan yaitu pada menit ke-45 di babak pertama itupun terjadi setelah Watford bermain dengan 10 pemain setelah Marvin Zeegelar mendapat kartu merah langsung akbibat challenge yang dilakukannya kepada Steve Defour. Scott Arfield menerima umpan dari johann Berg Gudmunsson lalu melewati Daryl Janmaat dan menyarangkan bola ke gawang Heurelho Gomez.

Walaupun dengan hasil minus ini Watfor masih menempati posisi delapan klasemen namun tertinggal 6 poin dari Burnley yang berada di atasnya yaitu posisi 7.

 

NEWCASTLE UNITED 2 – 3 LEICESTER CITY

(Joselu 4’, Dwight gayle 73’, Riyad Mahrez 20’, Demarai Gray 60’, Ayoze Perez 86’ [OG])

Gol bunuh diri Ayoze Peres di menit akhir babak kedua yaitu pada menit ke-84 memberi kekalahan skuat asuhan Rafael Benitez yang ke-enam dari tujuh pertandingan terakhir sehingga untuk sementara menempatkan Newscastle di posisi 16 klasemen. Sementara hasil tiga poin penuh yang diraih Leicester City menempatkan mereka di posisi 8 dengan 23 poin dari 16 pertandingan. The Toon Army sebenarnya unggul cepat lewat gol Joselu pada menit ke-4, sebelum Riyad Mahrez pemain asal Aljazair ini menyamakan kedudukan pada menit ke-20 lewat tendangan keras kaki kirinya skor 1-1 bertahan hingga peluit babak pertama dibunyikan. Lalu pada babak kedua tepatnya di menit ke-60 Demarai Gray mencetak gol kedua dan membawa The Foxes unggul atas tuan rumah, baru pada menit ke-73 Dwight Gayle berhasil menyamakan kedudukan untuk sementara. Petaka bagi tuan rumah terjadi pada menit akhir pertandingan yaitu di menit ke-86 Ayoze Perez menyarangkan bola di gawang sendiri setelah tidak berhasail menyapu bola yang jatuh ke kaki Shinji Okazaki.

 

SOUTHAMPTON 1 – 1 ARSENAL

(Charlie Austin 3’, Olivier Giroud 88’)

Gol Olivier Giroud pada menit ke-88 menyelamatkan Arsenal dari kekalahan di Saint Mary’s Stadium markas Southampton. The Saints unggul cepat lewat gol yang dicetak Charlie Austin pada menit ke-3 memanfaatkan umpan terobosan Dusan Tadic, di 10 menit awal tim tuan rumah tampil sangat agresif andai pemain depan Soton lebih tenang mungkin mereka akan unggul lebih banyak gol. Lalu pada menit-menit berikutnya The Gunners baru menemukan ritme permainan dan menguasai jalannya pertandingan ini terlihat dari penguasaan bola Arsenal yang mencapai 67% berbanding 33% penguasaan bola yang dilakukan Southampton. Arsenal juga berhasil melakukan 11 tendangan dengan tendangan tepat ke gawang sebanyak 6 kali dan Soton hanya mampu melakukan tendangan sebanyak 6 kali dengan 3 tendangan tepat ke gawang milik petr Cech. Arsenal beruntung memiliki striker tajam nan berpengalaman semacam Olivier Giroud, hingga saat ini ia masih berjuang untuk mendapatkan menit bermain agar tempatnya aman di skuat Perancis untuk Piala Dunia 2018 nanti. Dengan hasil 1 poin ini masih menenmpatkan Arsenal di posisi 5 dan bagi Southampton masih harus puas berada di posisi 11.

 

 

LIVERPOOL 1 – 1 EVETON

(Mohamed Salah 42’, Wayne Rooney 77 [pen])

Derbi Merseyside kembali hadir di tanah Britania Raya, kali ini Anfield Stadium menjadi arena pertandingan untuk kedua tim asal kota Liverpool. Namun keduanya harus puas bermain imbang yaitu berakhir dengan skor 1-1, gol Liverpool dicetak oleh striker andalan mereka yaitu Mohamed Salah pada menit ke-42 baru pada menit ke-77 Wayne Rooney berhasil mencetak gol lewat titik putih setelah berhasil mengelabuhi kiper Simon Mignolet dengan mengarahkan tendangan kea rah tengah gawang. Ini merupakan gol pertama Wayne Rooney selama berseragam Everton dalam duel Derbi Merseyside.

 

MANCHESTER UNITED 1 – 2 MANCHESTER CITY

(marcus Rashford 47’, David Silva 43’, Nicolas Otamendi 54’)

Manchester City merupakan kesebelesan pertama asal Inggris yang mampu mencetakan 14 kemenagan secara beruntun dalam satu musim, rekor ini mampu melampau Arsenal yang mempunyai jumlah rekor yang sama namun dilakukan dalam 2 musim yaitu pada musim 2002-2003 sampai musim 2003-2004. Dengan kemenagan dari rival sekota mereka Manchester United, City juga unggul 11 poin dari MU. Gol pertama City dicetak oleh David Silva pada menit ke-43 memanfaatkan umpan Kevin De Bruyne, sebelum peluit babak pertama dibunyikan MU sempat menyamakan kedudukan lewat gol Marcus Rashford tepatnya pada menit 47. Namun Nicolas Otamendi menjadi pahlawan kemengan City dengan mencetak gol pada menit ke-54, gol ini berawal dari kemelut yang tercipta dari bola mati yang tidak bisa dihalau oleh pemain Manchester United. Gol ini juga menjadi gol ke-4 Otamendi pada musim ini.

 

 

Advertisements

Leave a Reply