Life

Suasana Hati di Pagi Hari Jadi Penentu Kamu Mencapai Tujuan 2018 Lho

Tahun 2018 ini apakah kamu menentukan apa tujuan yang ingin dicapai? Mungkin yang ingin kamu capai mulai dari segi kesehatan, relasi, kehidupan sosial atau finansial. Tapi tahukah kamu bahwa langkah awal bagaimana kamu mencapai tujuan kamu di tahun 2018 ini adalah keadaan hati kamu ketika bangun pagi? Kenapa bisa?

Memiliki suasana hati yang kurang baik ketika kamu baru bangun tidur bisa berdampak pada aktivitas kamu seharian lho, terutama dengan kondisi Ibu Kota mulai dari jalanan hingga pekerjaan yang cukup menantang untuk kamu. Oleh karena itu, menciptakan suasana hati yang baik merupakan kunci yang tepat untuk kamu memulai hari sehingga berdampak pada jangka panjangnya adalah pencapaian tujuan kamu di tahun 2018 ini.

Penelitian yang dilakukan oleh Ohio State University’s Fisher Collage of Business menemukan bahwa kondisi hati seorang karyawan dipagi hari memberikan efek yang besar untuk performanya selama seharian. Terutama sikapnya terhadap atasannya, suasana hati dari seorang karyawan dapat berdampak pada hasil kerja, termasuk seberapa banyak pekerjaan yang dapat ia lakukan dan seberapa baik karyawan tersebut bekerja.

Untuk membantu kamu mendapatkan suasana hati yang baik dan tentunya berujung pada pencapaian tujuan kamu, dilansir dari Southernliving, ternyata terdapat 3 hal yang dapat kamu lakukan untuk membangun suasana hati yang baik dipagi hari. Rumusnya adalah:

 

  1. Tujuan

Kamu bisa saja menjadikan tujuan yang ingin kamu capai ditahun ini sebagai dorongan kamu ketika bangun. Apakah kamu menginginkan bisa traveling ke tempat atau negara impian kamu? Jadikan ini sebagai dorongan dari tujuan kamu. Selain itu, dalam skala sosial, kamu bisa saja menetapkan tujuan dari hidup kamu untuk bisa berdampak bagi relasi ataupun masyarakat banyak dengan kemampuan atau apa yang sedang kamu kerjakan.

Memiliki tujuan menandakan bahwa kamu memiliki sesuatu yang ingin dicapai dan diperjuangkan sehingga memberikan kamu dorongan untuk maju.

 

  1. Kontrol

Tanamkan dalam pemikiran kamu bahwa kamu memegang kontrol penuh atas diri kamu, karena dengan memegang kontrol penuh akan diri, kamu akan bisa menentukan apa yang ingin kamu jalankan. Dalam bukunya, Chou & Chi menerangkan bahwa orang yang memegang kontrol akan dirinya baik itu dalam hal relasi ataupun pekerjaan 66% lebih bahagia dan puas.

Lalu bagaimana caranya untuk kamu dapat memegang kontrol? Tentukan obyektif yang ingin kamu capai setiap harinya, bisa saja berupa seberapa banyak hal yang ingin kamu kerjakan, seberapa berkualitasnya pekerjaan kamu ataupun target lainnya. Dengan menentukan obyektif atau tujuan yang ingin kamu capai setiap harinya, tidak hanya kamu dapat memegang kontrol akan diri sendiri hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri kamu untuk setiap hal yang akan kamu kerjakan.

 

  1. Optimis

Kamu sudah menentukan apa tujuan yang ingin kamu capai di tahun 2018 ini dan kamu juga sudah menentukan obyektif yang ingin kamu tuntaskan dalam satu hari, langkah terakhir adalah bersikap optimis. Caranya adalah dengan memprediksikan apa saja tantangan yang akan kamu hadapi dalam pencapaian tersebut dan juga bagaimana kamu menghadapinya.

Dengan mempersiapkan hal-hal tersebut kamu akan lebih tangguh ketika menghadapi masalah-masalah yang menghadang.

 

Selamat berjuang ya!

Advertisements

Leave a Reply