Health

Ternyata 5 Makanan/Minuman “Sehat” Ini Tidak Sepenuhnya Berdampak Pada Tubuh

“Resolusi tahun baru harus sehat!” Mungkin ini sudah terbesit dalam pikiran kamu untuk membuat tubuh kamu semakin sehat dan fit dengan diet, daftar-daftar makanan yang ingin kamu nikmati juga bisa saja sudah kamu persiapkan dari hari ke-1 sampai 365 nantinya. Namun perhatikan 5 makanan ini, karena makanan diet yang dianggap sehat selama ini ternyata tidak sehat untuk kamu.

Andy Belatti, seorang pakar diet menjelaskan 5 “makanan/minuman sehat” mana yang ternyata tidak sehat atau bahkan tidak berdampak untuk kamu.

 

  1. Jus

juice

Sebentar, jus? Benar kamu tidak salah baca, dilansir dari Business Insider, Andy menerangkan bahwa ketika kamu menjus buah ataupun sayuran kamu menghilangkan serat pada 2 maknan ini. Serat merupakan sumber utama yang membuat kamu tetap kenyang sampai waktu makan selanjutnya.

Jadi setelah kamu jus, sisa yang terdapat pada buah ataupun sayuran tersebut hanyalah gula saja. Dampaknya, kamu akan merasa cepat lapar lagi, mood yang mudah berubah, atau menjadi kekurnangan energi.

 

2. Produk rendah lemak

healthy-food-take-away-in-boxes-top-view-on-wood-PBYQ8XM.jpg

Masyarakat saat ini sudah didoktrin bahwa produk yang mengandung rendah lemak dapat menurunkan berat badan dan lebih sehat. Namun, sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard selama 8 tahun dan melibatkan hampir 50.000 wanita memaparkan bahwa produk rendah lemak tidak berdampak sama sekali.

Para partisipan tersebut tidak mengalami penurunan berat badan yang banyak dan bahkan dengan mengkonsumsi produk rendah lemak tidak mengurangi resiko kanker payudara, kanker kolorektal, ataupun penyakit hati. Bahkan dalam penelitian tersebut memberikan rekomendasi untuk mengkonsumsi mengkonumsi kacang-kacangan, ikan, dan alpukat untuk mendapatkan sumber lemak yang sehat.

 

3. Granola

homemade-granola-bars-P8HJBZY.jpg

Makanan “kriuk” satu ini memang dapat menjadi teman ngemil yang digongkan “menyehatkan”, tapi tahukah kamu bahwa kebanyakkan granola yang dijual dipasaran tidak se-menyehatkan yang kita duga karena granola tersebut sudah dikemas dengan kandungan gula dan kalori yang banyak. Dilansir dari Sciencealert, 1 mangkok granola mengandung 600 kalori atau sama seperti 2 kalkun dan 2 sandwich keju.

 

4. Susu almond

healthy-almond-milk-PZBVQQU.jpg

Kamu ingin menikmati kandungan gizi protein dengan meminum susu almond yang digadang-gadang memiliki kandungan yang banyak karena terdapat almond didalamnya? Pertimbangkan kembali karena dalam 1 gelas susu almond hanya terdapat kandungan 2% almond. Dilansir dari Business Insider, dalam 2% almond tersebut pada susu almond terdapat 2,5 gram lemak dan 1 gram protein. Alternatif lainnya apabila kamu ingin menikmati kandungan gizi protein dalam susu, kamu dapat memilih susu kacang ataupun susu skim.

 

5. Minuman Detoks

bottles-with-different-fruit-or-vegetable-juices-PX6KXFU.jpg

Cukup banyak dipasaran minuman terutama jus yang memberikan embel-embel “detoks badan” tapi nyatanya kamu tidak memerlukan minuman sejenis ini, karena badan kamu sudah dapat melakukan detoks tersebut dengan baik tanpa adanya minuman “menyehatkan” tersebut. Tubuh kita sudah memiliki 2 organ yang dapat mengerjakan detoks tersebut dengan baik yakni hati dan ginjal.

Ginjal kita sudah menjalankan fungsi untuk menyaring darah dan membuang sisa zat yang tidak berguna pada tubuh kita dari makanan yang kita konsumsi dan hati kita sudah mendetoksifikasi zat kimia yang terkandung dalam makanan kita. Kedua organ ini sudah cukup untuk mendetoks tubuh tanpa adanya minuman-minuman dengan embel-embel detoks yang tersedia dipasaran.

 

Source: http://www.sciencealert.com/health-foods-that-are-not-actually-healthy

Advertisements

Leave a Reply