Style

Begini Cara Mudah Membersihkan Kuas Makeup Kamu

Menjaga barang-barang yang sering kamu gunakan agar tahan lama pasti memerlukan perawatan khusus untuk setiap barangnya, terlebih lagi untuk kamu yang suka dengan makeup. Membersihkan dan merawat kuas termasuk dalam daftar yang wajib kamu perhatikan.

Kuas merupakan salah satu alat makeup yang penting untuk memoles kecantikan kamu, oleh karena itu membersihkan dengan rutin kuas makeup dapat memberikan beragam manfaat salah satunya seperti membersihkan kuas dari bakteri-bakteri yang mengakibatkan jerawat.

Kuas makeup juga termasuk sebagai alat yang mudah untuk dibersihkan karena bentuknya yang mirip seperti rambut manusia. Umumnya kuas makeup memiliki 2 jenis yakni kuas yang terbuat dari rambut hewan, karakteristik dari kuas ini adalah berpori dan perlu untuk di jaga kelembapannya agar bulu pada kuas selalu lembut. Cara merawat kuas jenis ini sebaiknya kamu mencucinya dengan menggunakan detergen untuk kain wol, kain kasmir, ataupun pakaian bayi.

Kemudian kuas jenis yang kedua merupakan kuas sintesis yang terbuat dari nilon ataupun plastik sehingga tidak memiliki pori-pori seperti kuas diatas. Dampaknya adalah minyak-minyak pada wajah akan mudah menumpuk pada kuas jenis ini selain itu kelenturan dari kuas juga akan berkurang. Jenis sabun yang cocok untuk mencuci kuas satu ini adalah dengan menggunakan sabun pencuci piring karena  jenis sabut ini difungsikan untuk menghilangkan minyak pada kuas.

Untuk jangka waktu membersihkan kuas, ada baiknya kamu cuci setiap seminggu sekali apalagi kalau kamu sering berjerawat sebaiknya kamu harus sesegera mungkin mencuci kuas-kuas tersebut. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk membersihkan kuas-kuas kamu:

  1. Isi 1/3 gelas dengan deterjen untuk pakaian berbahan wol, kain kasmir ataupun pakaian bayi, atau menggunakan sabun pencuci piring untuk kuas berbahan plastik. Putar-putar kuas kamu dalam air tersebut hingga tidak ada warna dari bekas makeup yang keluar dari kuas kamu.
  2. Cuci dengan air hangat
  3. Keringkan dengan handuk kemudian kembalikan bentuk semua dari kuas kamu
  4. Kemudian anginkan kuas kamu dengan memutar-mutar hingga seluruh bagian terkena angina dan kering

By Ricky Wirianto

Advertisements

Leave a Reply