Travel

Indahnya Danau 3 Warna Di Flores

Berkunjung ke Nusa Tenggara Timur pasti akan memberikan banyak kesan tersendiri. Wilayah yang masuk bagian Indonesia bagian timur ini menyimpan banyak keindahan alam. Baik dari segi pantai, pulau, keindahan bawah laut, gunung, hingga danau. Salah satu danau yang paling terkenal di NTT hingga ke mancanegara adalah Danau Kelimutu.

Danau Kelimutu adalah keindahan alam yang terdapat di puncak gunung Kelimutu di Flores Nusa Tenggara Timur. Danau ini sering disebut sebagai danau tiga warna karena memiliki tiga lingkaran danau dengan tiga warna yang berbeda, yakni biru, merah, serta putih. Uniknya lagi, seiring berjalannya waktu warna dari masing-masing danau bisa berubah dengan sendirinya. Hal inilah yang membuat keindahan Danau Kelimutu terkenal ke pelosok tanah air bahkan hingga mancanegara.

Untuk bisa mencapai danau kelimutu, wisatawan dapat menempuh perjalanan sekitar 45 km dari Ende, atau 13 km dari kampung Moni. Biaya masuk untuk bisa menikmati danau kelimutu sangat murah, yakni Rp 2000,- saja, namun untuk bisa sampai dipuncak gunung kamu harus menyiapkan tenaga ekstra. Setelah pintu masuk, perjalanan menuju danau kelimutu ditempuh dengan berjalan kaki melewati anak tangga dan jalan bebatuan yang cukup jauh. Bagi kamu yang berencana berkunjung kesana, sangat disarankan untuk naik pada pukul 03.00 atau 04.00 pagi, sebab pada pagi hari cuaca tidak terlalu panas dan kamu akan memiliki peluang melihat indahnya panorama sunrise dan eksotisme danau dari ketinggan.

Selain memiliki keindahan yang mampu menghipnotis para wisatawan, Danau Kelimutu juga masih kental dengan legenda yang dipercaya oleh penduduk setempat. Penduduk percaya, jika ketiga warna danau Kelimutu memiliki arti yang berbeda-beda. Warna biru atau “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” diyakini oleh penduduk setempat sebagai tempat berkumpulnya orang-orang yang telah meninggal. Warna merah “Tiwu Ata Polo” diyakini sebagai tempat berkumpulnya arwah orang-orang yang semasa hidupnya sering melakukan kejahatan. Warna putih “Tiwu Ata Mbupu” diyakini oleh penduduk setempat sebagai berkumpulnya arwah leluhur mereka yang telah meninggal ketika sudah tua. Penduduk setempat juga percaya jika danau ini memberikan kesuburan pada daerah sekitar.

Keindahan gunung Kelimutu tidak hanya terdapat pada danaunya saja, namun juga pada panorama sekitar. Disini aneka flora dan fauna banyak tumbuh dan hidup disekitar gunung. Nah, bagaimana sudah siap berkunjung ke danau Kelimutu? Jika ingin berkunjung kesana, pastikan kamu telah mempersiapkan segala keperluan selama berwisata.

 

 

Leave a Reply