Tasty

8 Makanan Malaysia Yang Sulit Banget Ditiru Indonesia

Malaysia dan Indonesia merupakan dua Negara serumpun yang memilik banyak persamaan. Baik dalam soal agama, kebudayaan, bahasa, makanan dan masih banyak lainnya. meskipun antara kedua nagara ini sering terjadi permasalahan, namun hingga kini masyarakat Malaysia dan Indonesia hidup damai dan saling menjaga toleransi. Hal ini terbukti dengan banyaknya para pekerja Indonesia di Malaysia yang hidup rukun damai dengan semua masyarakat Malaysia.

Ketika berkunjung ke Malaysia, jangan heran jika kamu akan menemukan banyak makanan asal Indonesia disana, sebab masyarakat Indonesia banyak yang tinggal dan hidup disana. Berbeda halnya dengan masakan Malaysia di Indonesia yang tidak bisa ditemukan di Indonesia. selain karena jumlah penduduk Malaysia di Indonesia sangat sedikit, hal ini juga terjadi karena beberapa makanan Malaysia sangat sulit ditiru oleh Indonesia.

Sang Har Kuey Teow

Makanan khas Malaysia yang pertama adalah Sang Har Kuey Teow. Sang Har Kuey Teow merupakan makanan yang terbuat dari mie telur yang dicampur dengan udang sungai yang masih segar, dan kemudian dimasak dengan cara kanton. Rasa nikmat Sang Har Kuey Teow juga terletak pada sajiannya yang dilengkapi dengan kuah kaldu telur.

Palak Paneer

Palak Paneer merupakan makanan khas Malaysia sejenis seperti kare. Makanan ini sangat cocok dimakan dengan roti. Rasa yang dihasilkan oleh palak paneer sangat nikmat dan pasti menggoda para pecinta kuliner.

Bubur Century

secara umum tidak ada yang berbeda dari bubur century dengan bubur lainnya di Indonesia. Hal yang membedakan adalah toping yang disajikan. Pada bubur century terdapat telur bitan berwarna merah. Kamu yang melihat telur ini pasti akan merasa jijik, namun dibalik itu semua rasa yang disajikan dari bubur century sangat nikmat.

Pasembur

Pasembur adalah jenis salad yang menjadi tradisi masyarakat Malaysia. Makanan yang berasal dari perpaduan masakan Melayu-India ini memiliki aneka isi berupa kentang, parutan mentimun, dan ditambahkan beberapa daging seafood seperti kepiting goreng, cumi, serta beberapa makanan laut lainnya. Kenikmatan salad ini terletak pada perpaduan saus khas india yang terasa manis.

Sop Bihun Utara

Makanan khas Malaysia selanjutnya ada sop bihun utara. Secara umum bihun yang disajikan disini tidak berbeda jauh dengan bihun ditempat lainnya. Perbedaannya terletak pada penyajian sup yang memiliki rasa nikmat. Kuah sop bihun dimasak dengan aneka rempah-rempah dan rebusan bebesara bumbu. Sop bihun utara sangat nikmat disajikan dengan taburan lobak beserta sambal merah.

Nasi JJ kak Wok

Makanan ini berisi nasi seperti pada umumnya dengan tambahan gulai ayam dan potongan ayam kecil-kecil. Menikmati nasi JJ kak wok akan sangat lengkap jika ditambahkan pula dengan sambal.

Penang Laksana

Penang Laksana adalah makanan yang terbuat dari sup makeras ikan kembung dan asam yang memberikan sup rasa asam yang sangat unik. Makanan ini dilengkapi dengan aneka bahan-bahan alami seperti serai, lengkuas, cabai, yang akan menambah kenikmatan  penang laksana.

Es Air Mata Kucing

Minuman yang memiliki nama unik ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jenis minuman lainnya. es air mata kucing memiliki terdiri dari beberapa buah seperti kelengkeng. Kelengkeng inilah yang disebut mirip dengan mata kucing, sehingga disebutlah es air mata kucing.

 

Advertisements

Leave a Reply