Travel

Yuk Kenalan Dengan Visa Schengen

Bagi kamu yang berniat mengunjungi suatu Negara, pastikan dulu untuk menyiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan saat perjalanan. Seperti misalnya paspor dan visa. Paspor merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang dari suatu Negara yang memuat identitas pemilik dan berlaku untuk melakukan perjalanan ke Negara lain. Visa ialah dokumen resmi untuk perizinan masuk ke sebuah negara yang bisa kamu peroleh dari kedutaan dimana Negara tersebut memiliki konsulat jendral atau kedutaam asing.

Setiap berkunjung ke suatu Negara, seseorang pasti harus memiliki passport. Berbeda halnya dengan visa, ada Negara yang memberikan bebas visa, namun ada juga Negara yang mengharuskanmu memiliki visa jika ingin berkunjung. Semua tergantung dengan hubungan diplomatik dengan banyak Negara. Beberapa Negara yang memberikan bebas visa diantaranya singapura, Cambodia, Laos, Thailand, dan masih banyak negara lainnya.

Meskipun aturan visa bebas atau tidak telah ditentukan, namun kamu tetap harus mencari tahu informasi lanjut mengenai aturan berkunjung suatu Negara. Seperti misalnya ketika kamu mau berkunjung ke Eropa. Beberapa Negara di Eropa mengharuskan pengunjung untuk memiliki visa schengen. Visa Schengen atau visa singkat bisa anda gunakan di beberapa Negara di Eropa sekaligus. Jadi, jika kamu mau berpindah-pindah ke Negara yang tidak terlalu jauh kamu sudah tidak perlu repot lagi mencari visa, sebab beberapa Negara telah memiliki perjanjian Scengen. Beberapa Negara di Eropa yang dapat kamu kunjungi dengan menggunakan visa schengen diantaranya Austria, belgia, Denmark, Islandia, Latvia, Spanyol, Swedia, Swiss dan masih banyak lainnya.

Cara untuk memiliki visa schengen adalah dengan menghubungi kedutaan Negara Uni Eropa atau lainnya yang ada di Jakarta. Meskipun dengan visa schengen kamu bisa berkunjung ke beberapa Negara sekaligus, namun pembuatan visa harus dilakukan pada kedutaan Negara tujuan utama kamu pertama kali. Misalkan saja ingin berkunjung ke Jerman, kamu bisa mengajukan permohonan visa schengen di kedutaan Jerman. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi situs resmi di beberapa kedutaan besar, seperti German di www.jakarta.diplo.de, kedutaan besar perancis di www.ambafrance–id.org, dan lain sebagainya. perlu diketahui juga jika masa aktif visa schengen adalah 90 hari dalam jangka 6 bulan.

 

 

Advertisements

Leave a Reply