Travel

Ingin Wisata Religi? Ke Demak Aja

Kamu sedang berada di Jawa Tengah ? atau sedang berencana berlibur ke tempat religi? nah, bisa jadi Kabupaten Demak adalah pilihan yang tepat. Kabupaten Demak merupakan daerah yang wasuk dalam wilayah propinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini terletak disebelah timur kota semarang, dan berbatasan langsung dengan laut jawa di barat.

Sejak berdiri pada tahun 1503, kabupaten Demak memang sudah identik dengan peradapan islamnya. Hal ini terbukti dengan banyaknya para ulama yang singgah dan bermukim di kabupaten Demak pada saat itu. Bahkan hingga kini, banyak ditemukan makam dan masjid-masjid peninggalan para ulama Demak yang dijadikan sebagai tempat wisata, sehingga tak heran jika Demak dijuluki sebagai Kota Wali.

Bagi kamu yang berencana berwisata religi ke Demak, kamu akan menemukan beberapa tempat bersejarah yang menjadi tujuan banyak wisatawan.

Masjid Agung Demak

Perjalanan religi kamu bisa dimulai dari masjid Agung Demak. Masjid ini menjadi salah satu wisata religi terpopuler di Demak. Wisatawan yang berkunjung ke sini berasal dari berbagai daerah di di Indonesia.  Masjid Agung Demak disebut sebagai masjid tertua di pulau Jawa yang didirikan oleh Wali Songo.

Selain menarik karena sejarahnya, masjid ini juga memiliki desain interior yang khas. Bagian atap masjid berbentuk limasan piramida sebanyak 3 susun yang berarti iman, ihsan, dan islam. Sedangkan pada bagian pintu masjid, terdapat ukiran prasasti Condro Sengkolo yang bertulis Nogo Mulat Saliro Wani. Berkunjung atau berwisata ke Demak rasanya belum lengkap jika belum mengunjungi masjid Demak.

Musium Masjid Agung Demak

Selain berwisata di Masjidnya, kamu juga bisa berwisata sambil mengenang sejarah Islam di Demak dengan mengunjungi Musium Masjid Agung Demak. Museum ini terletak tidak jauh dari Masjid Agung Demak. Di museum inilah kamu bisa belajar peninggalan sejarah religi seperti sirab, kentongan kuno, bedug kuno, gentong dari dinasti ming, lawang bledeg Ki Ajeng Selo, Maket Masjid, dan masih banyak lainnya.

Makam Kalidangu

Setelah selesai berwisata ke kawasan Masjid Agung Demak, jangan lewatkan pula untuk mengunjungi Makan Kadilangi. Bagi kamu yang belum tahu, di Makan Kadilangi inilah salah satu anggota Wali Songo tepatnya Sunan Kalijaga dimakamkan. Maka tak heran jika makam ini merupakan salah satu tempat bersejarah yang paling ramai dikunjungi para wisatawan yang berkunjung ke Demak. Makam kalidangi terletak di Jl R Sahid, Kadilangi kurang lebih 2 km dari kota Demak menuju ke arah Timur.

 

Leave a Reply