Travel

Rekreasi Murah Meriah Di Kota Solo

Berbicara mengenai tempat wisata memang tidak akan pernah ada habisnya. Apalagi dengan perkembangan media social, membuat banyak tempat-tempat wisata baru semakin bermunculan. Tak terkecuali dengan tempat wisata di Kota Solo.

Kota Solo, atau Kota madia Surakarta merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang terkenal dengan banyaknya daerah wisata yang sangat bersahabat. Berkunjung ke kota Solo, selain menikmati wisata alam, kamu juga bisa mengunjungi beberapa event seni dan pameran kelas dunia yang sering diadakan disana dengan harga yang sangat murah meriah.

Untuk bisa sampai di Solo, ada beberapa alat transportasi yang bisa digunakan, seperti bus, kereta api, pesawat, hingga kendaraan pribadi. Begitupun ketika berada di Solo, kamu bisa menyewa mobil atau menggunakan angkot ketika ingin berkeliling Solo. Nah, anda pasti penasaran wisata apa saja yang terdapat dikota Solo yang tidak menguras keuangan, berikut penjelasannya.

Keraton Kasunanan Surakarta

Ingin berwisata sambil belajar sejarah Kota Solo, Keraton Kasunanan Surakarta bisa jadi pilihan yang sangat tepat. Dibangun pada tahun 1745 oleh Pakoe Boewono II, tempat ini menyimpan banyak sekali peninggalan bersejarah, seperti wayang kulit, kereta kencana, berbagai jeniss senjata, dan masih banyak lainnya. Keraton Kasunanan Surakarta dibuka untuk umum mulai pukul 08.30 – 14.00 WIB, serta 08.30 – 13.00 pada hari minggu.

Wisata Pendidikan Monumen Pers

Bagi kamu yang ingin melihat sejarah pers, jangan lupa juga untuk mengunjungi Wisata Pendidikan Monumen Pers ketika berada di Solo. Di monumen ini, kamu akan menemukan jutaan koran dan majalah serta benda lainnya yang berhubungan denga pers. Selain itu, pengunjung juga akan menikmati perpustakaan koran gratis disana.

Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran dulunya merupakan kediama Sri Padukan Mangkunegara yang berbentuk seperti keraton. Didalam Pura Mangkunegaran terdapat beberapa peninggalan seperti wayang, tari, gamelan, dan barang bersejarah lainnya yang dikumpulkan dari bebagai daerah. Pura Mangkunegaran buka mulai pukul 09.00- 14.00 WIB, dan khusus jum’at buka mulai pukul 09.00 – 12.000 WIB.

Museum Manusia Purba Sangiran

Tempat wisata selanjutnya di Solo yang tidak menguras kantong adalah Museum Manusia Purba Sangiran. Museum ini sangat cocok digunakan sebagai edukasi kepada semua kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa. Didalam museum ini terdapat kurang lebih 13 ribu fosil manusia purba. Selain itu, terdapat juga fosil hewan, batu, tumbuhan, serta alat-alat yang digunakan pada zama dulu. Biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa masuk ke museum ini sangat murah, yakni hanya Rp 5.000 saja.

Kampung Batik Kauman

Tidak hanya Yogyakarta, Solo ternyata juga memiliki kampung Kauman yang menjadi pusat batik Solo. Batik yang dipasarkan disini memiliki kualitas tinggi dan harga yang terjangkau. Bahkan batik Solo ini sudah dipasarkan hingga mancanegara. Selain berbelanja batik, pengunjung juga bisa belajar proses pembuatan batik.p

Leave a Reply