Health Life

Hai Girl, Ini 7 Kebiasaan Harian yang Bikin Kulit Lebih Tua 10 Tahun!

Apa yang dicari banyak orang yaitu supaya terlihat lebih muda 10 tahun. Tapi, faktanya, kebiasaan harian yang dilakukan justru memicu kulit jadi terlihat lebih tua 10 tahun. Memang, nutrisi yang tepat ditambah olahraga merupakan resep terbaik untuk mendapat tampilan lebih muda.

Jika memang seperti itu, seharusnya rutinitas harian juga harus menyesuaikan. Menjadi kontradiktif jika sudah rutin olahraga tapi gaya hidup tak bisa mengimbangi. Bakal jadi sia-sia semua usaha yang dilakukan. Supaya selaras, beberapa kebisaan tak baik seperti ini harus dihindari.

  1. Mandi air panas terlalu lama

Meski mandi dengan air panas bisa memberi sensasi rileks, tapi itu tak boleh dilakukan tiap hari. Durasi dan suhur air juga harus dipertimbangkan, yaitu tak lebih dari 10 menit dan 30 derajat. Terlalu sering mandi air panas dalam waktu lama, bisa membuat kulit kena imbasnya.

Air yang terlalu panas bisa merusak lapisan kulit paling luar, dan ini bisa memicu kulit kering dan terjadi pengelupasan. Baiknya, kebiasaan harian seperti ini dihindari sebisa mungkin demi kecantikan kulit. Jelasnya, itu bisa membuat kulit jadi terlihat lebih tua.

  1. Memasang wajah cemberut

Kesedihan dalam bentuk apapun tak baik bagi tubuh dan mental. Ekspresi sedih paling terlihat tentu dari wajah yang jadi cemberut, terutama di bagian dahi. Selain cemberut, ekspresi yang menyakiti wajah yaitu mengerutkan bibir dan menaikkan alis.

Tiap kali wajah cemberut, coba berpikir untuk menggerakkan kuping ke arah belakang tanpa menyentuh. Ini mungkin terdengar aneh untuk siapapun, tapi ini bisa membantu melupakan rasa sedih karena tak mungkin menggerakkan kuping secara bersama.

  1. Menyangga pipi dengan tangan

Untuk siapapun yang pernah merasa bosan saat berada di meja kerja atau bangku kuliah, yang dilakukan selanjutnya yaitu menyangga pipi dengan tangan. Tak harus bosan, saat membaca apapun kadang-kadang melakukan ekspresi seperti ini tanpa sengaja.

Ekspresi seperti ini harusnya dihindari. Dan jika sudah terlanjur jadi kebiasaan, coba untuk mengurangi menyangga wajah dengan tangan. Kebiasaan seperti ini bisa membuat kulit wajah jadi kurang elastis, dan ini bisa memicu keriput lebih cepat datang.

  1. Berbicara di telepon

Untungnya, pemakaian telepon kabel sudah jarang ditemui. Selain tak fleksibel, telepon seperti ini juga bisa berefek tak baik untuk kulit wajah. Menaruh telepon diantara kepala dan bahu bisa memicu keriput di bagian leher dan pipi menjadi tak simetris karena sedikit turun.

Jika memang ini jadi bagian pekerjaan dan tak bisa dihindari, coba manfaatkan perangkat seperti earphone atau buat suara menjadi keras. Perlakuan seperti ini bisa membantu menghindari kulit bagian wajah dan leher menjadi keriput sebelum waktunya.

  1. Mengunyah makanan

Makan adalah kebiasaan harian yang tak pernah mungkin bisa ditinggalkan. Karena dari aktivitas ini semua kebutuhan tubuh bisa dicukupi. Tapi sayangnya, cara makan yang salah bisa memicu kulit jadi bermasalah, yaitu cara mengunyah makanan.

Entah dengan alasan apapun, mengunyah makanan dengan satu sisi secara terus menerus bisa memicu rahang tidak simetris. Jelas saja, ini karena satu sisi otot akan dipakai terus sedang yang sisi lain tidak. Dan wajah bisa terlihat besar sebelah saat dicermin.

  1. Tak memakai kacamata

Kacamata sekarang bukan lagi sekedar aksesoris wajah atau bagian gaya hidup lain, tapi sudah jadi kebutuhan. Ini terutama untuk orang sensitif pada sesuatu yang sangat terang. Lebih dari itu, kacamata hitam bisa memberi perlindungan pada kulit sekitar mata.

Ini karena kulit di sekitar mata jauh lebih tipis dibanding kulit wajah lain. Saking sensitifnya, area ini juga bisa menjadi penanda kalau sedang sakit atau ada masalah lain pada tubuh. Itu sebabnya, keriput akan tampak lebih dulu di bagian sekitar mata daripada area lain.

  1. Posisi tidur

Yang tak disadari, posisi tidur yang tak benar juga bisa memicu masalah pada kulit wajah. Saat tidur dengan posisi seperti membungkuk, ini bisa memberi tekanan pada bagian leher dan otot lengan. Yang mana, itu bisa memicu suplai darah dan oksigen jadi terganggu.

Situasi seperti ini jelas tak baik untuk otak. Garis hitam pada mata menjadi konsekuensi umum dari posisi tidur seperti ini. Jika sering mendapati lingkaran hitam pada mata, coba ganti posisi tidur lebih normal pada malam-malam berikutnya.

Leave a Reply