Health

Ini yang Akan Dialami Tubuh Jika Berhenti Makan Daging

Jadi ‘veggy’ itu tak gampang, tapi bisa luar biasa buat tubuh

Pergumulan tentang vegetarian tak akan pernah berakhir. Satu pendapat yang menolak, daging tak bisa diganti dengan bahan hijau apapun. Meski sama-sama protein, tapi protein hewani tak bisa didapat dari sayur mayur. Satu jenis makanan yang menyediakan protein nabati yaitu daging.

Tentu ada kerugian dari tak makan daging, tapi faktanya ada banyak keuntungan bisa didapat tubuh. Terlepas dari perdebatan apapun terkait vegetarian, tapi ada aspek moral yang menyertai bagi pemakan daging. Lalu, perubahan apa saja yang akan dialami tubuh saat berhenti makan daging?

  1. Gen akan jadi lebih baik

Riset menemukan fakta kalau kondisi lingkungan punya pengaruh pada gen dalam tubuh, bisa lebih baik atau lebih buruk. Dalam tubuh sebenarnya sudah ada gen buruk dan gen jahat. Gaya hidup tak baik bisa memicu gen buruk berkembang lebih cepat dan lebih banyak.

Ini bisa menimbulkan kondisi penyakit kronis dan kelebihan berat badan. Di sisi lain, gaya hidup yang baik bisa memperbaiki kondisi gen, diantaranya dengan tak mengkonsumsi daging. Selain memperbaiki gen, berhenti makan daging juga bisa menormalkan cara kerja tubuh.

  1. Tingkat kolesterol turun sepertiga

Daging merupakan pemasok utama kolesterol tubuh. Jadi, saat berhenti makan daging, maka kolesterol tubuh turun. Hasil yang didapat kurang lebih sama dengan mengkonsumsi obat penurun kolesterol yang berharga mahal. Tapi obat punya ada efek samping.

Selain menyehatkan, berhenti makan daging bisa menghemat pengeluaran. Tak akan ada efek samping apapun dari berhenti makan daging, hanya kesehatan yang meningkat. Orang dengan ateroklerosis sangat direkomendasikan untuk mengganti daging dengan sayur.

  1. Resiko penyakit kardiovaskular turun

Hubungan buruk antara daging merah dan penyakit kardiovaskular sudah lama ditemukan. Riset di Amerika menemukan kalau karnitin yang ditemukan pada daging merah bisa memicu reaksi kimia negatif pada kondisi jantung. Padahal penyakit jantung adalah pembunuh utama.

Selain mencegah beragam penyakit di sistem kardivaskular, berhenti makan daging juga punya efek bagus lain. Ada fakta menarik pada kebanyakan vegetarian, yaitu tak punya resiko terkena hipertensi, diabetes, dan kanker bagian perut.

  1. Tubuh menjadi lebih enerjik

Diantara manfaat penting setelah berhenti makan daging yaitu lebih sedikit merasa lelah tiap hari. Ini penting, apalagi jika rutinitas penuh sesak dan tak bisa dikompromikan. Rasa lelah di pagi hari meski hanya duduk di kantor biasa dialami oleh mereka pemakan daging.

Ini berbeda saat tak lagi mengkonsumsi daging, hanya olahraga berat yang bisa buat tubuh lelah. Kondisi ini yang akan didapat para vegetarian. Ini tak mengejutkan karena cara ini bisa membuang toksin dan meringankan badan sehingga tubuh lebih enerjik.

  1. Kulit jadi lebih sehat

Daging pasti mengandung lemak, dan lemak merupakan salah satu unsur pemicu jerawat dan kondisi kulit rusak lain. Di sisi lain, vegetarian menyadari bahwa kulitnya jadi lebih baik. Jerawat, komedo, dan jenis gangguan kulit lain menghilang tanpa disadari.

Ada riset yang bilang jika selalu mengganti daging dengan sayuran dan buah, semua toksin akan dipaksa keluar dari tubuh. Ini sama seperti detoks, tapi lewat cara yang mudah. Tak seperti perawatan detoks di klinik kecantikan yang terasa begitu menyakitkan.

  1. Bakteri pelindung usus meningkat

Apa yang ada dalam usus orang pemakan daging beda dengan yang tidak. Data yang dihimpun NCBI menunjukkan, hanya orang-orang yang selalu memakan sayuran yang punya bakteri baik lebih banyak. Ini berbanding terbalik dengan yang mengkonsumsi daging.

Tentu butuh proses untuk bakteri berkembang dan beradaptasi setelah berganti jenis makanan. Saat pertama kali beralih jadi vegetarian, beberapa kondisi mungkin akan muncul seperti kembung. Ini karena usus dan pankreas sedang adaptasi menyesuaikan jenis makanan.

  1. Berat badan akan turun

Jumlah lemak pada tubuh kadang ditentukan berapa banyak porsi daging yang masuk. Makin sedikit mengkonsumsi daging, itu makin bagus untuk tubuh. Yang selanjutnya bisa membuat beran badan turun, dan ini kabar baik bagi yang punya masalah obesitas.

Tanpa melakukan diet tertentu, orang yang berhenti makan daging bisa menghilangkan berat badan sekitar 15 kg. Selain itu, tak harus repot-repot menghitung jumlah kalori dan melakukan olahraga jenis tertentu. Sayuran bisa melakukan ini semua secara sempurna.

Advertisements

Leave a Reply