Health

Jangan Minum Kopi Saat Perut Kosong!! Ini Lho Bahayanya..

Beberapa orang tidak bisa memulai hari tanpa minum kopi. Apakah kamu termasuk salah satunya? Faktanya, minuman berkafein yang satu ini memang menjadi favorit banyak orang. Meski menjadi minuman favorit, bukan berarti kamu boleh minum kopi berlebihan lho ya. Ingat segala yang berlebihan itu tidak baik. Nah, salah satu kebiasaan buruk minum kopi, selain konsumsi berlebihan adalah minum kopi saat perut kosong. Mulai sekarang, tolong hilangkan kebiasaan buruk itu. Apa kamu tahu bahaya dari kebiasaan buruk ini?

  1. Asam Lambung Naik

Beberapa dari anda mungkin tidak menyadari bahwa kopi mengandung asam. Lebih tepatnya kopi (kafein maupun decafein) sama-sama terbukti mampu merangsang produksi asam dalam tubuh. Kamu tentu tahu bahwa asam lambung merupakan cairan yang bersifat korosif kan? Nah, jika kamu minum kopi saat perut kosong maka jelas produksi asam lambung naik. Karena perut dalam keadaan kosong maka cairan asam bisa saja merusak lapisan lambung. Kondisi ini tentu berbahaya jika terjadi dalam jangka panjang.

  1. Dehidrasi

Apakah kamu tahu bahwa kandungan kafein pada kopi bisa membuatmu bolak-balik ke kamar kecil? Faktanya, kondisi ini bisa memicu gejala dehidrasi pada tubuh kamu lho. Terlalu sering buang air kecil ini khususnya di pagi hari bisa membuat tubuhmu kehilangan cairan secara drastis. Kemungkinan terburuknya, dehidrasi bisa membuat tubuh lemas, pusing dan bahkan pingsan.

  1. Mudah Stres dan Cemas

Minum kopi di pagi hari saat perut masih kososng dipercaya menimbulkan efek negatif pada tubuh. Ini karena pada dasarnya minum kopi bisa menimbulkan stress, kegelisahan hingga perubahan mood.  Selain itu, kamu harus tahu bahwa hormon pemicu rasa tenang dan bahagia berada di kondisi rendah saat pagi hari menjelang. Jadi bukannya lebih tenang, kopi di pagi hari saat perut kosong bisa memicu stress dan cemas lebih parah lagi. Karena itu, lebih baik jika kamu minum kopi dengan ditemani makanan agar bisa menurunkan efek stress dari kopi itu sendiri.

Selain ketiga hal di atas, sebenarnya kopi juga bisa menyebabkan gangguan penyerapan nutrisi. Kebiasaan buruk ini bisa membuat tubuhmu kekurangan magnesium sehingga bisa memicu munculnya berbagai masalah kesehatan.

Advertisements

Leave a Reply