Life Parents

Kenali Tanda-Tanda Anak Terlalu Dimanjakan

Kelahiran anak dalam sebuah keluarga selalu dinanti oleh semua anggota keluarga. Wajar saja jika dalam proses tumbuh kembangnya anak-anak selalu dicurahi kasih sayang dan cinta. Namun pemberian kasih sayang dan cinta yang berlebih ini bisa berakibat buruk buat anak lho. Sifat manja yang dipupuk sejak kecil akan terbawa hingga dewasa, dan anda sebagai orang tua harus menyadari ini. Nah, sebelum terlambat yuk kita kenali apa saja tanda-tanda anak terlalu dimanjakan:

  1. Anda Jarang Berkata Tidak (Menolak)

Sebagai orang tua, anda pasti berpikir dua kali untuk menyakiti anak. Karena itulah banyak orang tua salah jalan dengan selalu mengiyakan apapun yang diinginkan oleh anak. Mulai sekarang cobalah bersikap realistis dengan mempertimbangkan berbagai permintaan anak anda. Jangan lagi asal mengatakan iya tanpa tahu duduk perkaranya. Kebiasaan mengatakan iya pada anak bisa membuat anak keras kepala dan tidak mau mengalah serta ditolak lho.

  1. Memenuhi Kebutuhan Anak Tanpa Filter

Kebutuhan anak memang selalu menjadi prioritas orang tua. Kasarnya, orang tua tidak masalah makan tempe asal anaknya bisa makan daging. Sebenarnya ini adalah sifat dasar orang tua yang ingin melakukan dan memberikan segala yang terbaik untuk anak. Tapi sekarang anda juga harus mulai membiasakan diri untuk memfilter setiap kebutuhan anak. Penuhi kebutuhan yang memang penting dan patut diprioritaskan. Ini akan membantu anda mengerem kebiasaan anak dalam merengek apapun kepada orang tua.

  1. Selalu Membantu Mengerjakan Tugas Sekolah

Apakah anda sering membantu mengerjakan tugas sekolah anak? Percayalah kebiasaan ini sangat buruk dan bisa mempengaruhi masa depan anak. Penting untuk anda ketahui bahwa mendampingi anak belajar adalah tugas orang tua. Tapi membantu mengerjakan tugas adalah sebuah kesalahan. Sebisa mungkin ajari anak untuk menyelesaikan tugasnya dengan benar. Tuntun dan ajari mereka jika memang tidak bisa. Tapi ingat untuk tetap membiarkan anak menyelesaikan tugasnya sendiri. Bantuan orang tua yang datang bertubi-tubi bisa membuat anak terlalu bergantung. Pada akhirnya anak tidak bisa berprestasi di sekolah.

Nah, jika tanda-tanda di atas anda alami maka sebaiknya anda mulai berhenti atau mengurangi kebiasaan untuk memanjakan anak. Jadilah orang tua yang bijak karena ini semua demi kebaikan anak di masa depan..

Leave a Reply