Travel

Kiat Menghindari 7 Pengeluaran Tersembunyi Saat Liburan

Musim liburan bisa menjadi waktu yang menyenangkan, apalagi jika dipenuhi pesta dan hadiah. Tapi kegembiraan yang sama bisa memberi tekanan pada dompet. Menghindari pengeluaran semacam itu tak berarti harus menjadi seorang yang pelit.

Dengan sedikit visi dan kreativitas, masa liburan bisa dinikmati tanpa terlilit hutang. Masalahnya, semua menganggap liburan adalah waktu yang tepat untuk menghabiskan tabungan. Supaya biaya liburan tetap terjangkau, beberapa pengeluaran harus diganti dengan alternatif yang lebih murah.

Kartu ucapan

Bagi banyak orang, memberi dan menerima kartu Natal dan lainnya merupakan tradisi tahunan yang tak boleh sekalipun dilewati. Meski berharga terjangkau, tapi jika dikali lipatkan, itu membuat tabungan terkuras. Belum lagi jika menghitung ongkos kirim, atau transport untuk menyebar kartu.

Sebagai gantinya, gunakan teknologi. Hemat biaya kartu dengan mengirim eCards. Layanan digital seperti MailChimp, atau kirim email pribadi pada mereka yang ada dalam daftar. Jika harus mengirim secara fisik, buat template sendiri. Atau jika punya keahlian grafis, desainlah sendiri!

Oleh-oleh saat liburan

Membeli makanan juga camilan untuk keluarga dan rekan kerja, bisa tak terhitung jumlahnya. Meski itu hanya satu kotak kue berisi 12 potong di tempat perbelanjaan terdekat. Tanpa sadar, membeli oleh-oleh saat liburan seperti ini bisa dengan cepat menghabiskan banyak tabungan.

Sebagai gantinya, coba buat kue sendiri. Tapi membuat makanan sendiri akan butuh banyak waktu. Solusinya, minta tolong pada teman atau tetangga dekat yang biasa membuat kue. Biaya yang dihabiskan pasti akan lebih sedikit, dan bentuk kue bisa dipesan sesuka hati.

Pesta liburan

Salah satu kegembiraan besar saat musim liburan yaitu dikelilingi keluarga dan teman. Tapi jika ingin menggelar pesta, biaya yang dikeluarkan bisa membuat wajah keriput. Pertimbangkan kondisi keuangan saat ingin membuat pesta, jangan sampai acara ini merusak keuangan.

Sebagai gantinya, buat acara yang sederhana seperti pesta kebun dan buat makanan kecil sendiri. Biaya yang dihabiskan bisa tergantung berapa banyak orang yang diundang. Kejutkan tamu dengan memamerkan keterampilan membuat beberapa kuliner yang dihidangkan.

Membeli baju baru

Siapa yang tak mau beli baju baru? Tapi pertimbangkan kembali sebelum membeli sweater atau gaun beludru merah muda yang hanya dikenakan setahun sekali. Belilah baju yang sekiranya bisa dipakai sebagai baju ganti sehari-hari, jangan cuma dibeli sebagai pelengkap lemari saja.

Sebagai gantinya, alih-alih membeli baju dengan tema liburan tertentu, akan lebih baik kalau membeli baju tambahan lain. Misalnya menambah koleksi baju formal, kasual, outfit, atau yang lain. Yang intinya, baju tersebut bisa dipakai sehari-hari sebagai pilihan baju ganti.

Memberi hadiah untuk teman dan keluarga

Tentu, lebih baik memberi daripada menerima. Memberi hadiah apapun memang baik untuk sosial. Tapi, membeli sesuatu untuk tiap anggota keluarga dan teman bisa dengan cepat menghabiskan limit kartu kredit. Pertimbangkan lagi jika ingin memberi hadiah seperti ini.

Sebagai gantinya, buat pesta seadanya. Satu kebahagiaan kecil yang bisa dibagi untuk banyak orang. Cukup membeli satu hadiah, misalnya sepotong kue, sambil tetap dikelilingi semua orang. Bukankah itu lebih baik daripada memberi kado pada tiap anggota keluarga yang mungkin saja tak disuka!

Dekorasi liburan

Musim liburan, apapun itu, merupakan waktu yang tepat membuat dekorasi rumah baru. Meski tentu saja akan butuh banyak biaya. Membeli lampu hias baru, mengganti warna cat rumah, memasang furniture baru, semua biasa dilakukan saat musim liburan tiba.

Sebagai gantinya, meski tampak mengesankan dan membuat tampilan rumah jadi berkilau, tapi memberi ornamen sederhana terbukti sama efektifnya. Cukup beli lampu hias kecil dan bunga sederhana lalu pasang pada tempat yang strategis, interior rumah akan jadi baru.

Membeli pembungkus kado

Kertas bungkus kado mungkin tak butuh biaya yang terlalu banyak, tapi kertas mewah seperti gulungan foil emas, bisa membuat kantong terkuras cepat. Masih ada banyak jenis pilihan kertas seperti ini, misalnya kertas wallpaper yang tak terpakai, atau membeli kertas bungkus kado biasa.

Sebagai gantinya, jika bisa, gunakan kembali kertas hadiah sebelumnya saat menerima hadiah. Tak perlu beli kertas mewah, membeli kertas hias sederhana sudah cukup asalkan sesuai dengan tema rumah. Kertas pembungkus nantinya cuma akan berakhir sebagai sampah, jadi pikirkan lagi.

Advertisements

Leave a Reply