Parents

Luangkan Waktu Anda Untuk Bercerita Dengan Buah Hati

Moms, apa anda tahu bahwa sebagai seorang ibu anda memiliki peran yang begitu besar pada tumbuh kembang anda? Setinggi apapun jabatan anda di kantor, sepenting apapun peran anda saat di organisasi, tapi saat kembali ke rumah, anda adalah seorang ibu yang berperan menjaga dan menyayangi buah hati. Faktanya ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk menghabiskan waktu bersama buah hati, mulai dari bermain bersama, tidur bersama hingga beraktivitas di dalam atau di luar rumah bersama-sama.

Nah, kali ini kita akan berbagi sedikit tips dengan moms untuk menghabiskan waktu terbaik bersama buah hati dengan cara bercerita. Di sini kegiatan bercerita akan kita bagi menjadi dua yaitu sebagai berikut:

  1. Mendongeng

Untuk anak-anak, dongeng bukan saja berfungsi sebagai lullaby pengantar tidur. Lebih dari itu mereka akan menyerap informasi apapun yang ada dalam dongeng. Selama masih dalam masa tumbuh kembang, anak-anak memang disarankan untuk mendengar dongeng secara rutin. Selain mampu memberikan pengetahuan baru, anak-anak juga bisa mendapat quality time bersama anda. Nah, sebaiknya anda memilih dongeng-dongeng yang memiliki nilai positif di dalamnya. Sebisa mungkin anda juga harus mendongeng dengan cerita berbeda setiap harinya. Selain dari buku dongeng, faktanya anda juga bisa kok menceritakan dongeng buatan sendiri? Kekreatifan ternyata juga diperlukan saat mendongeng untuk buah hati ya..

  1. Bercerita Tentang Masa Kecil Anda

Kegiatan bercerita sendiri tidak melulu berkaitan dengan dongeng cerita fiksi. Anda juga bisa menceritakan kisah masa kecil anda pada buah hati lho. Tapi ingat saat bercerita jangan membandingkan atau memaksakan apa yang moms alami di masa lalu dan masa sekarang. Anda harus sadar bahwa generasi masa kecil anda tentu berbeda dengan generasi anak anda saat ini kan?

Sebisa mungkin moms juga jangan bercerita tentang kisah sedih atau menyakitkan. Bagi saja kisah-kisah yang membahagiakan saat itu. Di antara cerita masa kecil ini, moms juga boleh menyisipkan nasehat atau pengetahuan-pengetahuan yang berguna bagi anak anda kelak.

Nah, jika kegiatan bercerita ini belum masuk ke agenda harian, yuk mulai sekarang luangkan waktu anda untuk bercerita bersama buah hati..

 

Leave a Reply