Life Parents

Pastikan Hal Ini Sebelum Anda Memberikan Gadget dan Akses Internet Untuk Anak

Saat ini anak lebih suka menghabiskan waktu di rumah dengan gadget kesayangannya dibandingkan pergi bermain ke luar rumah bersama teman sebaya. Perubahan gaya hidup anak-anak ini bisa dibilang cukup merata karena memang orang tua kini lebih mudah memberikan kebebasan untuk anak. Tapi anda sebagai orang tua harusnya menyadari efek negatif dari internet dan gadget. Untuk itu penting bagi anda memastikan beberapa hal sebelum memberikan kebebasan anak dalam menggunakan gadget dan akses internet.

  1. Membatasi Penggunaan Youtube

Aplikasi yang satu ini sangat populer digunakan di PC ataupun smartphone. Selaras dengan kepopulerannya, youtube juga menjadi salah satu akses utama untuk konten negatif, Untuk melakukan pencegahan terhadap penyebaran konten dewasa (negatif) di youtube, maka anda bisa mengaktifkan mode terbatas pada gadget anak.

  1. Batasi Juga Penggunaan Media Sosial

Selain Youtube, media sosial juga menjadi salah satu pintu utama penyebaran konten negatif. Untuk melindungi anak dari efekburuk ini, anda bisa memanfaatkan kebijakan yang ada pada tiap aplikasi media sosial. Anda harus tahu bahwa setiap media sosial memiliki batas usia penggunaan. Anda bisa meluangkan waktu untuk masuk ke pengaturan dan mematikan akses ke aplikasi media sosial yang tidak cocok untuk usia anak anda. selain itu, anda juga bisa menyalakan notifikasi agar setiap penginstallan aplikasi harus melalui persetujuan orang tua.

  1. Tetapkan Batas Waktu Penggunaan Gadget

Penggunaan gadget seringkali membuat kita lupa waktu, ini juga berlaku untuk anak-anak. Tanpa batasan waktu yang ditetapkan maka anak-anak bisa saja bermain gadget seharian. Sebelum memberikan gadget dan akses internet pastikan anda sudah membuat perjanjian dengan anak. Jangan lupa juga untuk tetap mengawasi anak dengan mengecek history browser setiap kali anak selesai menggunakan gadget. Ini penting untuk dilakukan demi mencegah kemungkinan anak mengakses konten negatif.

Selain itu batasan waktu penggunaan gadget ini juga berfungsi untuk tetap mengadakan quality time bersama keluarga.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa membuat anda menjadi orang tua yang lebih bijak..

Advertisements

Leave a Reply