Health Life

Perbaiki Posisi Pinggul dengan Latihan Mudah Ini

Memiliki ganggung pada pinggul menjadi momok untuk setiap orang menderitanya karena nyeri pada bagian pinggul dapat merembet sampai dengan bagian punggung seseorang yang mengakibatkan sakit dan sulitnya beraktifitas. Umumnya orang-orang yang mengalami nyeri pinggul diakibatkan oleh patah tulang, terkilir, radang tulang (osteoartritis), keropos tulang (osteoporosis) ataupun terkilir.

Untuk mengetahui apakah seseorang mengidap gejala nyeri pada pinggul serta membantu posisi pinggul kembali seperti semula, Tom Morrison seorang pelatih angkat berat dan bela diri memberikan tipsnya yakni dengan mempraktekkan Tes 90/90. Melalui tes ini seseorang dapat mengetahui ketidakseimbangan dan kelemahan pada bagian pinggul.

Caranya untuk mempraktekkan Tes 90/90, duduklah dilantai dengan salah satu posisi kaki ditekuk didepan kemudian kaki lainnya ditekuk kebelakang dengan jarak kepinggul dan lutut sedekat mungkin.Posisi ini mungkin terlihat sulit untuk dilakukan namun kenyataannya tidak sama sekali lho.

Kemudian, kedua angkat tangan setinggi dada lalu rapatkan satu sama lain dan gerakkan tubuh kearah kanan dan kekiri diikuti dengan posisi tangan yang menempel tersebut dan kaki yang ditekuk tadi. Lakukan dengan arah sebaliknya juga.

Apabila selama melakukan tes tersebut , salah satu posisi tidak dapat dilakukan berarti terdapat masalah pada pinggul. Serta kalau kamu bisa melakukan kedua posisi namun terdapat salah satu posisi yang lebih sulit dilakukan dibandingkan posisi sebelahnya berarti terdapat masalah juga pada pinggul.

Untuk membantu mengembalikan posisi pinggul seperti semula dan meredakan sakit, kamu dapat melakukan praktek dari Tom Morrison dirumah. Pastikan untuk pemanasan Tes 90/90 terlebih dahulu, minimal 30 detik untuk setiap arahnya.

Berikut adalah video Tom mempraktekkan Tes 90/90 serta latihan yang diperlukan untuk mengembalikan posisi pinggul dan meredakan sakit.

Lakukan latihan ini selama 10 menit dengan 1 menit untuk setiap posisi masing-masingnya. Melalui latihan ini menurut Tom dapat membantu untuk meredakan sakit pinggang, sakit punggung, sakit pada lutut, sakit pada paha dan lainnya.

Menit 1: Tubuh hadap ke kiri lalu tekuk kaki kiri dibagian depan dan kaki kanan dibagian belakang seperti posisi Tes 90/90 dengan jarak yang lebih jauh antara kaki, kemudian gunakan tangan kamu untuk menahan tubuh dengan menghadap ke kiri.

Menit 2: Balas dengan tubuh hadap ke kanan lalu tekuk kaki kanan dibagian depan dan kaki kiri dibagian belakang seperti posisi Tes 90/90 dengan jarak yang lebih jauh antara kaki, kemudian gunakan tangan kamu untuk menahan tubuh dengan menghadap ke kanan.

Menit 3: Lakukan seperti menit 1 kemudian angkat kaki kanan yang berada dibagian belakang, apabila memungkinkan kamu juga dapat mengangkat kedua kaki pada posisi ini.

Menit 4: Balas, lakukan seperti menit 2 kemudian angkat kaki kiri yang berada dibagian belakang, apabila memungkinkan kamu juga dapat mengangkat kedua kaki pada posisi ini.

Menit 5: Sedikit berbeda dengan menit 1, tubuh hadap ke kiri lalu tekuk kaki kiri dibagian depan dan kaki kanan dibagian belakang seperti posisi Tes 90/90 namun tanpa bantuan tangan.

Menit 6: Sedikit berbeda dengan menit 2, tubuh hadap ke kanan lalu tekuk kaki kanan dibagian depan dan kaki kiri dibagian belakang seperti posisi Tes 90/90 namun tanpa bantuan tangan.

Menit 7: Lakukan seperti menit 3 namun tanpa bantuan tangan kamu lalu angkat kaki kanan yang berada dibagian belakang, apabila memungkinkan kamu juga dapat mengangkat kedua kaki pada posisi ini.

Mebnit 8: Balas, lakukan seperti menit 4 namun tanpa bantuan tangan kamu lalu angkat kaki kiri yang berada dibagian belakang, apabila memungkinkan kamu juga dapat mengangkat kedua kaki pada posisi ini.

Menit 9: Lakukan selama 30 detik untuk posisi kiri dengan bantuan tangan lalu 30 detik untuk posisi kanan dengan bantuan tangan pula.

Menit 10: Kamu dapat mengulangi bagian-bagian diatas untuk sisi kanan dan kiri.

Saran dari Tom, kamu dapat melakukan tes diatas lebih lama pada bagian yang lebih parah dan khusus untuk posisi yang memerlukan kamu untuk mengangkat kaki, coba untuk mengangkat kaki selama diudara lebih lama.

Semoga cepat sembuh ya.

 

By: Ricky Wirianto

Advertisements

Leave a Reply