Parents

Tingkatkan Rasa Kasih Sayang Anak Dengan Peduli Terhadap Sesama

Anak-anak layaknya kertas putih yang masih kosong. Sedikit demi sedikit kertas kosong itu akan terisi dengan berbagai macam coretan, tulisan hingga gambar. Apa yang terlihat dalam kertas itu di masa depan mencerminkan apa saja yang dipahami oleh anak-anak. Nah, mengingat masa anak-anak adalah masa terpenting dari hidup seseorang, maka jangan ragu untuk mengajarkan mereka berbagai hal positif. Salah satu hal yang wajib anda ajarkan sebagai orang tua adalah rasa kasih sayang.

Yuk simak beberapa tips meningkatkan rasa kasih sayang anak berikut ini:

  1. Penuhi Kebutuhan Emosional Anak

Hal pertama yang harus anda tanamkan adalah anggapan bahwa anak anda tidak sendirian. Mereka memiliki anda yang selalu ada di sampingnya. Anda harus tahu bahwa anak-anak sangat memerlukan bimbingan, perhatian dan rasa aman. Ini semua kebutuhan emosional anak yang umumnya dimiliki dan anda sebagai orang tua harus memenuhinya. Tingkatkan rasa kasih sayang anak dengan mencurahkan perhatian anda pada mereka. Ajak mereka berdiskusi tentang berbagai hal. Perlihatkan bahwa anda ada untuk mereka, dengan begini mereka akan tahu bahwa anda sayang dan peduli dengan mereka.

  1. Ajari Mereka Untuk Peduli Terhadap Sekitarnya

Penting bagi anda untuk menjembatani konsep kasih sayang dan peduli ini. Anda harus mampu mengajari anak untuk melakukan hal yang sama dengan apa yang anda lakukan pada mereka. Selama ini anda selalu menunjukkan rasa peduli dan sayang pada mereka. Kini saatnya bagi anda untuk meminta mereka melakukan hal yang sama pada sekitarnya,tidak hanya pada teman tapi juga binatang dan tanaman. Misalkan anda mengajari mereka untuk memeluk teman saat merasa senang atau sedih, atau anda juga bisa mengajari mereka untuk meminta maaf jika melakukan salah dan lain sebagainya. Selain itu, ajarkan juga pada anak untuk tidak menyakiti binatang atau mencabut tumbuhan sembarangan.

Ingat, memberikan kasih sayang pada anak adalah kewajiban. Tapi jangan lupa juga bahwa kasih sayang berlebih bisa membuat anak anda menjadi manja. Karena itulah penting untuk me-manage kasih sayang anda agar anak tetap mandiri dan tidak bergantung pada orang lain, khususnya anda.

Leave a Reply