Life

Tips Menghemat Budget Pernikahan

Pernikahan adalah sebuah momen penting dalam hidup setiap orang. Semua orang khususnya para wanita seringkali memimpikan pernikahannya akan berlangsung seperti apa. Bermimpi itu sah-sah saja tapi jangan lupa untuk melihat situasi dan kondisi. Saat ini untuk melangsungkan pesta pernikahan, tidak sedikit biaya yang dibutuhkan. Jika kamu memang tidak mengalami kesulitan finansial, membuat pesta mewah jelas bukan masalah. Tapi jika kondisi finansial tidak memungkinkan, maka jangan memaksakan. Ingat pernikahan itu fokus utamanya pada kesakralan dan janji suci kedua mempelai. Bukan ajang pamer kemewahan. Nah, untuk kamu yang memang berniat untuk menghemat budget pernikahan, mungkin beberapa tips ini bisa membantu:

  1. Hindari Menggunakan Jasa Wedding Organizer

Baiklah, tips pertama untuk menghemat budget pernikahan adalah dengan tidak menggunakan jasa WO. Memang WO seringkali membuat sebuah pernikahan terlihat lebih indah dan tak terlupakan karena mereka memiliki banyak sekali konsep dan paket yang ditawarkan. Tapi perlu kamu ingat, jika niat kamu dan pasangan ingin menghemat budget pernikahan maka lebih baik kamu merancang pernikahan impianmu sendiri dengan efisien.

  1. Manfaatkan Kecanggihan Teknologi

Undangan adalah salah satu hal yang cukup penting dalam sebuah pernikahan. Meski begitu bukan berarti kamu harus membuat undangan super cantik yang super mahal untuk momen penting ini. Gunakan saja kecanggihan teknologi seperti email, platform chatting hingga media sosial untuk mengundang teman-teman jauhmu. Setidaknya ini akan membantu mengurangi budget untuk membuat undangan kan?

  1. Souvenir Pernikahan

Selain gaun pernikahan dan undangan, souvenir pernikahan juga menjadi salah satu aspek penting dalam sebuah pernikahan. Namun, jika kamu memang ingin memangkas budget sebaiknya kamu memilih souvenir yang sederhana dan penuh makna dibandingkan dengan souvenir mahal. Lagipula tidak semua tamu undangan akan menyimpan souvenir pernikahanmu lho. Ini kenyataan meskipun menyakitkan. Jadi berpikirlah logis sebelum terjebak dalam drama budget pernikahan membengkak karena souvenir.

  1. Lakukan Pernikahan di Rumah

Tempat berlangsungnya pernikahan memang tidak harus di hotel, gedung ataupun rumah. Semua orang memiliki pilihan masing-masing dan biasanya pilihan tempat pernikahan ini disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Nah, untuk menghemat budget, akan lebih baik jika kamu melangsungkan pernikahan di rumah. Suasananya pun lebih kekeluargaan bukan?

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu ya..

Leave a Reply