Parents

Tips Menjelajah Internet Dengan Aman Untuk Anak

Kecanggihan teknologi memang sangat mempermudah semua orang dalam menjalani kehidupannya termasuk juga anak-anak. Saat ini bisa dibilang, hampir semua anak-anak bisa dan mampu mengakses internet. Entah itu melalui smartphone ataupun komputer dan juga laptop. Akses yang mudah dan murah membuat anak-anak zaman sekarang begitu tergantung pada internet. Sebagai orang tua, tentu anda harus mampu menjadi filter agar tidak ada pengaruh buruk pada anak. Nah, berikut ini ada beberapa tips menjelajah internet dengan aman untuk buah hati anda:

  1. Orang Tua Berperan Sebagai Pengendali

Fungsikan diri anda sebagai pengendali anak dalam menggunakan internet. Pastikan anda memanfaatkan fitur kontrol orang tua di setiap alat elektronik di rumah yang tersambung dengan internet. Kemudian anda juga harus memeriksa secara berkala benda-benda elektronik seperti konsol game, televisi, komputer, laptop hingga smartphone. Jangan lupa juga untuk berteman dengan anak di semua media sosial yang mereka miliki.

  1. Jangan Melarang Tapi Berikan Pengertian Pada Anak

Dulu dan sekarang sama saja. Tidak ada anak yang suka dilarang oleh orang tuanya. Sekali dilarang maka mereka akan semakin bersemangat untuk melanggar larangan itu. Ini juga berlaku dalam penggunaan internet. Daripada sibuk melarang anak, akan lebih baik jika anda membuat peraturan. Misalkan anda memperbolehkan anak menjelajah internet tapi dalam batas waktu yang ditentukan. Kemudian anda juga bisa mematikan jaringan wifi saat waktu menunjukkan lewat pukul 21.00.

Selain itu anda juga harus memberikan pemahaman kepada anak mengenai tanggung jawab mereka saat berselancar di dunia maya. Lebih dari itu, anda sebagai panutan anak juga harus mampu mengendalikan diri dalam pemakaian internet.

  1. Dampingi Anak Saat Menggunakan Gadget

Hal ini mungkin akan membuat anak anda jengkel jika dilakukan dengan mendadak. Lain ceritanya jika anda dari awal mengenalkan gadget sudah mendampingi mereka. Karena itulah lebih baik anda melakukan pendampingan dari awal agar anda juga lebih mudah dalam mengawasi mereka tanpa harus membuat anak tidak nyaman.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda..

Advertisements

Leave a Reply