Life Parents

Trik Mengasuh Anak Untuk Mama Muda

Menjadi mama muda yang baru saja terjun ke dunia parenting tentu bukanlah hal yang mudah. Rasa lelah, capek, emosi hingga terkadang ingin menangis bisa saja muncul khususnya bagi anda yang memang tidak pernah berurusan dengan rumah tangga dan anak-anak. Tapi hal ini bukan berarti sebagai penghalang anda untuk menjadi ibu yang baik kan? Nah, untuk itulah kali ini kita kembali membawakan tips dan trik mengasuh anak bagi para mama muda, agar anda tetap bisa menjalani aktivitas seperti biasa tanpa harus mengabaikan tanggung jawab untuk mengasuh anak. Simak ulasan singkatnya berikut ini ya…

  1. Biarkan Anak Berkreasi Di Rumah

Anak-anak usia batita atau balita benar-benar bisa menguras tenaga anda. Untuk itu penting bagi anda membiarkan mereka bermain di rumah. Jangan terlalu keras pada anak dan sebaliknya berikan media positif sebagai bentuk support anda pada mereka. Misalkan saja anda bisa membelikan mereka crayon untuk kegiatan coret-coret buku, ini akan mengasah kemampuan motorik mereka. Tapi ingat untuk tetap mengawasi agar anak tidak mencoret-coret tempat yang tidak seharusnya ya..

  1. Ajari Anak Untuk Menggunakan Barang Dengan Benar

Sejak kecil usahakan untuk mengajari anak dalam menggunakan barang-barangnya dengan benar. Mulai dari pakaian, sepatu hingga piring harus anda benarkan dalam cara penggunaan. Jangan biasakan untuk membiarkan anak bertindak salah atau ini bisa terbawa hingga dewasa dan anda sendiri yang akan kelabakan dalam mengatasinya. Gunakan cara-cara unik dan mudah diingat untuk mengajarkan anak dalam menggunakan barangnya. Misalkan saja sepatu, tempel stiker yang berbeda untuk sisi kiri dan kanan. Ajak anak untuk mengingat perbedaan stiker ini agar mereka tidak salah memakai sepatu.

  1. Biasakan Untuk Membereskan Mainan Setelah Bermain

Anak-anak bermain memang bisa membuat anda sedikit bernafas lega. Tapi setelah waktu bermain usai, maka bisa dipastikan ruangan akan berantakan. Nah, sebagai orang tua, anda harus membiasakan anak membereskan apa yang sudah mereka mulai, termasuk bermain. Bantu mereka merapikan mainan dan mengembalikan di tempat semula. Ini akan membuat anak memiliki kebiasaan bertanggung jawab dengan apa yang sudah dilakukan.

Nah, semoga beberapa tips di atas bermanfaat untuk anda para mama muda..

  1. Manfaatkan Kolam Renang Karet Sebagai Tempat Bermain Anak
Advertisements

Leave a Reply