Life Parents

Yuk Ajarkan Anak Membersihkan Rumah Dengan Cara Asik

Kegiatan bersih-bersih rumah ternyata juga bisa anda manfaatkan untuk quality time bersama anak lho. Tidak percaya? Coba saja luangkan waktu akhir pekan anda untuk melakukan kegiatan positif ini dan lihat anak-anak pasti senang membantu anda. Namun perlu anda ingat, karena anak-anak bisa saja kelelahan atau berubah mood nya saat bersih-bersih, maka anda harus memiliki cara tersendiri untuk bisa membuat anak-anak bersemangat kembali. Berikut ini adalah beberapa trik yang bisa anda terapkan saat bersih-bersih rumah bersama buah hati:

  1. Ajari Anak Untuk Membersihkan Kamarnya

Trik pertama yang bisa anda lakukan dalam mengajari anak membersihkan rumah adalah dengan memulainya dari kamar. Ajarkan anak untuk membersihkan kamarnya terlebih dahulu baru kemudian ruangan lain. Dengan membiasakan anak membersihkan kamar, maka kegiatan bersih-bersih bukanlah suatu hal yang berat dan melelahkan.

  1. Kreasikan Kertas Warna-Warni Untuk Membuat Daftar Pekerjaan

Trik selanjutnya adalah dengan memanfaatkan kertas warna-warni untuk membuat daftar pekerjaan rumah. Buat daftar seperlunya dan tempelkan kertas tersebut di lemari es atau papan di dinding. Nah, lakukan tugas secara berurutan bersama buah hati dan tandai setiap pekerjaan yang sudah selesai.

  1. Berbagi Tugas

JIka anda memiliki dua anak atau lebih, maka biasakan untuk membagi tugas. Setidaknya perlakukan mereka dengan sama dalam hal membersihkan rumah. Untuk menambah semangat, mungkin anda bisa meminta anak-anak untuk berlomba membersihkan rumah. Tentunya anda harus mengetahui batas anak dalam membersihkan rumah. Jangan memaksakan anak untuk mengerjakan tugas yang terlalu berat.

  1. Berikan Hadiah Untuk Anak

Atas kerja keras mereka dalam membantu membersihkan rumah, jelas sebuah hadiah tidaklah berlebihan. Anda bisa memberikan es krim kesukaan atau snack favorit buatan anda untuk anak. Tentunya hadiah ini hanya akan diberikan setelah pekerjaan selesai ya. Tapi perlahan, ingat untuk meniadakan kebiasaan memberikan hadiah ini karena akhirnya anak hanya akan termotivasi dengan hadiah. Sebaiknya secara bertahap ajarkan mereka bahwa membersihkan rumah adalah tanggung jawab bukannya permintaan yang bisa ditolak atau diterima.

Nah, apakah anda siap untuk mengajari anak membersihkan rumah?

Advertisements

Leave a Reply