Life

Berapa Banyak Uang yang Dibutuhkan Untuk Beli Cincin Tunangan?

Saat berpikir untuk bertunangan pada satu titik dalam hidup, pasti akan ada banyak kebingungan. Setidaknya, merenungkan berapa banyak uang yang harus dibelanjakan untuk cincin tunangan. Meski tak ada ketentuan pasti, tapi ada semacam aturan tak tertulis.

Aturan tak tertulis itu bisa berwujud apapun, entah itu dari jumlah gramnya atau nominalnya. Tentu saja, memilih cincin tak semudah yang ada dibayangan dan kadang bisa bikin frustasi. Kendala utama pasti masalah biaya, dan solusinya cuma bisa dipecahkan calon pengantin sendiri.

Cincin tunangan para selebriti memang bagus dan bisa menjadi inspirasi, tapi ini tak bisa menjadi nyata untuk siapapun yang punya biaya nikah serba pas. Dari sekian banyak anjuran tentang biaya untuk beli cincin tunangan, ada baiknya untuk menimbang kondisi ini.

Aturan # 1: Gaji tiga bulan

Budget paling rendah untuk membeli cincin tunangan yaitu setara gaji tiga bulan. Lebih dari ini, bisa bikin kondisi finansial makin tak karuan. Kurang dari ini, rasa respek tak akan bisa didapat. Bahkan mungkin cemoohan bisa datang dari kanan kiri tiap waktu tanpa aba-aba.

Ini merupakan aturan praktis yang dianut banyak calon pengantin pria waktu melamar kekasihnya. Aturan ini ditujukan untuk menjaga arus kas pribadi tetap stabil tanpa harus berhutang. Gaji tiga bulan rasanya sudah cukup pantas untuk mendapat cincin tunangan yang bagus.

Aturan # 2: Gaji satu bulan

Ada lagi yang lebih praktis daripada di atas. Jika gaji tiga bulan terasa sayang ditukar dalam bentuk cincin tunangan, anggaran setara gaji satu bulan sudah cukup. Meski terbilang minim, tapi jika pasangan dan keluarga setuju, maka semua tak jadi masalah.

Ada banyak alasan kenapa harus memilih gaji satu bulan saja. Selain finansial terbatas, hemat bisa jadi alasan yang masuk akal. Akan lebih baik jika uang tabungan sisa dialihkan untuk biaya nikah. Dengan begitu, baik tunangan atau resepsi masih bisa diadakan.

Aturan # 3: Ambil jalan tengah

Kalau gaji tiga bulan terlalu banyak dan punya imbas pada biaya resepsi, dan gaji satu bulan tampak terlalu sedikit, ada cara berpikir lama, yaitu ambil jalan tengah. Aturan ini sangat bisa diterapkan terutama jika anggaran nikah tak banyak.

Aturan ini bisa menjadi pilihan logis jika tak ingin habiskan banyak uang dan merusak alur keuangan untuk resepsi. Pernikahan bukan acara pensi butuh biaya lebih sedikit. Bisa saja, anggaran untuk beli cincin bakal cukup dipakai membiayai pensi hingga beberapa kali.

Aturan # 4: Setara biaya rata-rata

Tak ada kajian khusus tentang berapa rata-rata biaya yang harus dihabiskan untuk beli cincin tunangan di Indonesia. Tapi di Inggris, jumlah rata-rata yang dikeluarkan calon pengantin untuk beli cincin berkisar 573 pound, setara dengan Rp. 10 juta lebih sekian (kurs Rp. 18.000).

Jika tak ingin tejebak aturan 1-3 bulan gaji, aturan ini bisa disampaikan pada calon pasangan dan menyarankan untuk memilih biaya rata-rata. Untuk tanah air, kemungkinan bisa lebih murah. Dan patokan biasanya pada jumlah gram, rata-rata satu cincin 5 gram.

Aturan # 5: Cari cara lain untuk menghemat

Sesungguhnya, ada banyak cara biar cincin tunangan tetap terbeli tapi dengan biaya yang terjangkau. Contoh sederhana, ada teknik ‘sepuh’ emas yang bisa dicoba. Yang berarti, emas hanya dibuat lapisan luarnya saja, sedang bagian dalam bisa memakai bahan lain.

Cara lain, cari cincin yang punya penampilan bagus, tapi dengan karat rendah. Cara seperti ini ternyata lazim dipakai banyak calon pengantin demi mendapat kesan wah. Hal sama juga bisa dipakai saat memilih berlian. Toko-toko emas biasanya menyediakan layanan semacam ini.

Aturan # 6: Lupakan semua aturan

Generasi saat ini sepertinya hanya melihat sesuatu dari sampul. Seperti acara pernikahan, yang dilihat hanya kemewahan, bukan cara membuat acara ini bisa terjadi. Perjuangan untuk sampai tahap ini pasti tak mudah, apalagi menyangkut biaya yang tak sedikit.

Saat kondisi keuangan benar-benar tak mendukung, tak salah jika melupakan semua aturan yang ada. Tak harus beli cincin setara gaji tiga bulan atau setara biaya rata-rata, cincin dengan kadar 3 gram itu sudah cukup. Dengan catatan penting, semua harus dibicarakan dulu.

Leave a Reply