Style

Dari Prada Hingga Rolex, 9 Brand Ini Membuat Uang Seperti Tak Berilai

Banyak konsumen berpikir kalau barang mewah pasti dibuat lebih baik dari merek lain, tapi ini tak selalu benar. Tak seharusnya, siapapun itu, membeli secara royal pada merek terkenal. Akan lebih baik jika melakukan sedikit riset sederhana sebelum membeli produk dengan label dunia.

Entah itu demi kegemaran atau untuk mencari produk yang sempurna, harga produk yang tak masuk akal baiknya dihindari. Tak ada apapun yang benar-benar layak dihargai mahal, apalagi untuk benda yang gampang rusak. Sebaiknya, pikir dua kali saat mau membeli produk dari label terkenal ini.

  1. Louis Vuitton

Pernahkah ada merek yang lebih ikonik dan overrated daripada Louis Vuitton? Bahkan untuk bukan penggemar fesyen sekalipun, merek ini sudah sering didengar. Tas ini dikenal sebagai indikator kekayaan. Tapi harga dompet Louis Vuitton bisa sangat menggelikan.

Di tahun 2000, New York Times menghitung biaya produksi tas Louis Vuitton yang lebih murah ratusan dolar daripada harga jual. Menurut Forbes, Louis Vuitton merupakan salah satu merek paling menguntungkan di dunia, dengan margin keuntungan 30%.

  1. Montblanc

Sementara seni menulis dengan tangan sudah berpindah ke teknologi yang lebih modern, beberapa alat tulis berkualitas masih punya pembeli setia yang bersedia membeli hingga ratusan dolar hanya untuk pena. Itulah yang terjadi pada alat tulis dengan label Montblanc.

Kenyataannya, komunikasi yang dilakukan secara elektronik membuat pena makin tak relevan. Tapi label harga tinggi dari pena Montblanc membuat barang mewah ini bikin uang seperti tak bernilai. Bahkan jika itu hanya membeli tinta isi ulang Montblanc.

  1. Veuve Clicquot

Entah untuk meramaikan tahun baru atau merayakan pesta, roti panggang dan sampanye merupakan cara berkelas untuk bikin acara tambah semarak. Meski sangat tergoda untuk menikmati sebotol Veuve Clicquot, tapi apa benar-benar perlu?

Ada banyak cara untuk hemat uang tanpa mengorbankan kualitas. Pada uji rasa yang dilakukan Which?, Veuve Clicquot nyatanya masih kalah dari anggur dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Lalu, kenikmatan apa yang bisa didapat dari minuman ini?

  1. Rolex

Meski hanya berupa jam tangan, tapi perhiasan tangan ini bisa menjadi simbol kekayaan pemakainya. Rolex adalah contoh utama dari merek overhyped. Popularitasnya yang luar biasa membuat jam tangan ini seperti tak ternilai, karena tak semua mampu membayarnya.

Jika cuma ingin terlihat elegan, coba lihat pesaing Rolex, Omega. Seperti Rolex, Omega juga memproduksi jam tangan Swiss selama beberapa dekade, dan dikenal sebagai merek jam tangan mewah. Dan yang paling penting, harganya cenderung lebih murah.

  1. Louboutin

Louboutin menjual lebih dari setengah juta pasang sepatu tiap tahun dengan harga tinggi. Sepatu bersol merah itu mungkin ikonik, tapi tak sebanding dengan harganya. Christian Louboutin mengatakan tujuannya adalah membuat sepatu yang stylish.

Kenyamanan bukan sesuatu yang bisa diharap dari sepatu ini. Kepada Vogue Loubotin mengaku tak ingin membuat sepatu yang menyakitkan, tapi bukan pekerjaannya juga untuk membuat sepatu yang nyaman. Prioritasnya adalah desain dan keindahan, bukan kenyamanan.

  1. Mikimoto

Untuk penyuka mutiara, merek ini mungkin sudah dikenal. Diakui sebagai mutiara terbaik yang bisa dibeli dengan uang, harga mutiara Mikimoto sederhana bisa menyentuh ribuan dolar. Tapi, mutiara itu seperti tak tumbuh alami dan dipanen.

Sebenarnya, tak ada alasan mengeluarkan banyak uang cuma untuk mutiara. Apalagi, kebanyakan orang tak bisa membedakan mutiara asli dan palsu. Jika mencari untaian sempurna, akan lebih baik langsung mendatangi produsen lokal.

  1. Coach

Setelah dipuji sebagai salah satu lini tas tangan populer di dunia, Coach turun popularitas karena dinilai terlalu eksklusif. Justru, Coach memperbaiki masalah ini dengan merilis tas baru yang lebih mahal. Padahal label ini sudah dikenal luas karena mahal.

Sayangnya, metode pemasaran ini tak berjalan baik. Meski label ini tak sampai gulung tikar, tapi perusahaan tak kunjung lebih baik. Coach tak lagi dipandang sama karena label mahalnya, dan bukan suatu produk yang harus dipertimbangkan dibeli.

  1. Prada

Prada memang menjual banyak barang yang berkualitas, tapi beberapa produk buatannya patut diberi pertanyaan. Misalnya, dimana di dunia ini ada penjepit kertas berharga $ 170. Tentu saja, tak akan pernah sepadan dengan uang yang dikeluarkan.

Meski produk ini dibuat dari perak murni dan diiklankan sebagai klip uang, tapi tetap saja masih terlalu mahal untuk sebuah klip. Ini hanya sebagian kecil dari produk Prada, bagaimana dengan produk lainnya? Prada sendiri punya banyak lini produk premium.

  1. Balenciaga

Ada masanya tas tangan Balenciaga menjadi simbol status yang didambakan. Tapi menurut Business Insider, merek yang overrated menurunkan penjualan. Balenciaga seperti membuat produk yang kontradiktif dengan cap mewah yang melekat.

Balenciaga merupakan label dunia yang membuat produk sehari-hari, dan menjualnya dengan harga yang menggelikan. Balenciaga menjual tas jinjing seharga $ 2.145 dan terlihat mirip seperti yang dijual Ikea dengan harga satu dolar.

Advertisements

Leave a Reply