Health Parents

Fakta Tentang Menyusui yang Wajib Diketahui Calon Ibu dan Mama Muda

Sebagai seorang calon ibu dan mama muda, menyusui merupakan pilihan paling bijak dan tepat untuk tumbuh kembang buah hati anda. Namun sayangnya masih ada beberapa ibu dan mama muda yang harus menggantikan ASI dengan susu formula karena berbagai alasan. Untuk itulah berikut ini kami rangkum mengenai beberapa fakta tentang ASI agar ibu dan mama muda semakin aware untuk memberikan ASI pada anak.

  1. Konsumsi Sayur Bisa Mempengaruhi Produksi ASI

Nah, untuk bisa memproduksi ASI dalam jumlah cukup, anda harus mengkonsumsi makanan sehat khususnya sayuran yang bisa merangsang produksi ASI. Salah satu contoh sayuran yang bisa membantu meningkatkan produktivitas ASI adalah daun katuk. Pastikan anda menambahkan sayur daun katuk dalam menu sehari-hari.

  1. ASI Memperkuat Ikatan Batin Ibu dan Anak

Fakta kedua tentang ASI adalah hasil dari kegiatan ini. Selain memberikan sumber energi untuk anak, dengan menyusui maka ikatan batin ibu dan anak semakin kuat. Kegiatan menyusui adalah kegiatan yang sangat pribadi antara anda dan anak. Posisi menyusu anak yang meringkuk dekat dengan dada dan tubuh anda membuat ikatan batin menguat.

  1. Pemberian ASI Bisa Menghemat Pengeluaran Untuk Kebutuhan Bayi

Menghemat bukan berarti anda tidak ingin mengeluarkan uang untuk anak. Tapi lebih dari itu, dengan menyusui maka anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli susu formula. Seperti yang kita tahu harga susu formula untuk bayi berada di kisaran harga yang cukup mahal.

  1. Bermanfaat Untuk Kesehatan Bayi

Antibody, sel, dan hormon yang terkandung dalam ASI sangat dibutuhkan oleh anak anda. bahkan kandungan-kandungan ini mampu mengurangi resiko penyakit seperti infeksi telinga, muntah, asma, eksim, infeksi saluran pernapasan bawah, SIDS dan obesitas anak.

  1. Sekali Seumur Hidup Anak Anda

Faktanya, rata-rata ibu dan mama muda hanya akan memproduksi ASI selama dua tahun pertama setelah kelahiran anak. Jadi ini adalah momen langka untuk anda dan buah hati. Apakah anda tidak sayang untuk melewatkan ini?

Jika memang anda terpaksa tidak bisa memberikan ASI pada buah hati karena alasan medis, maka anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan susu formula mana yang cocok. Ini penting untuk dilakukan agar dokter bisa mengecek keseimbangan prebiotik yang dibutuhkan oleh buah hati anda.

 

Leave a Reply