Art Life

Hindari Kesalahan Ini bagi Kamu Fotografer Landscape Pemula

Mengawali tahun 2018, apakah kamu memiliki goal yang ingin dicapai? Mungkin salah satu goal kamu tahun ini adalah menjadi fotografer yang fokus pada bidang landscape, berbicara mengenai hal ini untuk kamu yang masih pemula dibidang fotografi landscape ternyata terdapat hal-hal yang harus kamu perhatikan sebelum melancong dan menjepret objek-objek yang menarik minat kamu.

Apa saja kesalahan umum yang biasa dilakukan pemula?

 

Kesalahan Pertama – Tidak menggunakan filter

Filter lensa merupakan salah satu aksesoris yang sangat penting untuk fotografer pemula mengabadikan lanskap, terutama filter lensa dengan kualitas yang baik. Bagi pemula yang baru akan menjelajahi fotografi landscape ada baiknya untuk membawa filter karena kondisi pencahayaan setiap lokasi berbeda-beda belum lagi ditambah dengan efek yang diberikan pada setiap filter dapat memperkuat kesan foto tersebut.

Sebagai permulaan, terdapat 3 jenis filter yang dapat dipertimbangkan untuk dibawa karena hasil yang diberikan berbeda-beda ketika akan masuk ke tahap editing.

  1. Filter Circular Polarizer, filter ini tepat digunakan untuk menghalau pantulan cahaya dari air ataupun benda-benda yang terbuat dari besi selain itu filter ini juga dapat mengurangi kabut dan meningkatkan kontras pada langit
  2. Filter Gradual Neutral Density (GDN), filter ini cocok untuk digunakan apabila terdapat perbedaan cahaya antara langit dan juga bagian objek yang ingin diambil
  3. Filter Neutral Density (DN), filter ini memungkinkan fotografer untuk menggunakan shutter speed rendah pada saat pagi hari untuk mendapatkan

 

Kesalahan Kedua – Posisi Foto Terpatok pada Horizontal

Ga semua foto lanskap harus difoto dengan posisi horizontal ataupun lanskap, memang sih dengan posisi horizontal memungkinkan untuk mengambil jarak yang luas dari suatu pemandangan tapi perhatikan juga bahwa setiap objek memiliki daya tariknya sendiri.

Posisi vertical pada fotografi landscape sendiri cocok digunakan untuk objek yang memiliki jarak yang tinggi seperti air terjun dan puncak gunung ataupun apabila terlalu banyak objek didepan maupun belakang pemandangan yang ingin dipotret.

 

Kesalahan Ketiga – Lokasi Favorit Para Fotografer

Hal baiknya adalah kamu tidak sendirian dan mengetahui bahwa lokasi tersebut merupakan lokasi favorit dan cocok untuk dibagikan di Instagram, hal buruknya foto yang dihasilkan rata-rata pasti akan sama. Disinilah kamu akan menantang sisi kreativitas kemampuan lanskap kamu untuk menghasilkan foto yang berbeda dari fotografer lainnya.

 

Kesalahan Keempat – Terlalu Banyak Objek

Objek yang terlalu banyak dalam satu foto landscape akan membingungkan poin mana yana ingin ditonjolkan, hal ini umumnya kesalahan yang banyak ditemui untuk fotografer landscape pemula. Bermain dengan visual memang memerlukan “trik-trik” yang harus diasah untuk mendapatkan sebuah foto landscape yang menakjubkan.

Objek dari alam umumnya akan memiliki poin yang menarik berdasarkan dari ukurannya, bentuknya, posisi ketika difoto, warna dan bahkan pencahayaan.

 

Kesalahan Kelima – Menggunakan Mode Landscape

Mode satu ini hampir dimiliki setiap kamera namun tidak berarti kamu harus terus-terusan bergantung dengan mode lanskap hal ini karena semua settingan kamera otomatis. Terkadang untuk menangkap suatu momen terlebih lagi apabila momen tersebut berlangsung cepat seperti matahari terbit ataupun terbenam mengharuskan kamu untuk gesit dalam mengatur segala hal untuk mendapatkan gambar yang kamu inginkan.

Menggunakan mode manual merupakan opsi terbaik untuk kamu mengoptimalkan kamera dalam mengabadikan foto landscape. Sisi positifnya kamu akan belajar tidak hanya fotografi lanskap saja namun dengan membiasakan diri menggunakan mode manual kamu akan dapat mengaplikasikan kemampuan pengoperasian kamera kamu diberbagai bidang fotografi lainnya. Kuncinya adalah berlatih, berlatih dan berlatih.

 

Jadi, persiapkan kamera kamu dan lokasi mana yang akan menjadi objek foto landscape kamu? Bagikan foto lanskap kamu bersama kami ya.

By: Ricky Wirianto

Advertisements

Leave a Reply