Travel

Ini yang Akan Jadi Tren Traveling Bernuansa Adventure Berikutnya!

Ada yang cuma suka duduk di pantai saat bepergian, yang lain menikmati dengan bergerak lebih banyak untuk berpetualang. Wisatawan petualang lebih memilih untuk mendaki, bersepeda, kayak, zipline dan melakukan banyak hal yang membuat sibuk. Jadi, apa yang lagi tren bagi wisatawan petualang?

Studi dari Virtuoso baru-baru ini menyoroti tentang tujuan destinasi dan kegiatan liburan yang menunjukkan bahwa ada lima tujuan traveling bernuansa petualangan, yaitu Islandia, Ekuador, Kosta Rika, Cile, Selandia Baru, dan Peru. Negara-negara ini bisa memberi sensasi petualangan tak biasa.

Kegiatan petualangan yang paling diminati meliputi hiking/trekking, bersepeda, kayak, ekspedisi pelayaran, berburu makanan dan minuman. Studi juga menjelaskan ada beberapa faktor yang mendorong traveling berjenis petualangan jadi kian populer.

Bercengkerama dengan alam, menambah pengalaman, mendapat waktu berkualitas bersama keluarga, alasan kesehatan, atau hanya ingin lebih aktif karena merasa lebih tua, adalah beberapa faktor penting yang membuat petualangan kian populer di mata wisatawan.

Ada banyak agen yang mengkhususkan diri di bidang traveling petualangan menerima permintaan lebih banyak. Sebagai perbandingan, jenis petualangan yang dulu populer cuma aktivitas kayak di perairan tenang, atau rappelling dari tebing setinggi 25 kaki.

Beberapa menyebut kalau traveling jenis ini masuk kategori petualangan ringan, dan mendapat sebutan Sensory Adventure Travel. Ini karena petualangan jenis ini butuh semua indera yang ada dalam tubuh, termasuk memanfaatkan sensor tubuh karena selalu bergerak spontan.

Petualangan tak cuma tertuju pada aktivitas fisik seperti gerakan otot tubuh. Lebih dari itu, petualangan yang berbau ekstrim bisa membuat hidup semua indera dan sensor pada tubuh. Misalnya saja, saat lagi kayak, tubuh dan pikiran akan bekerja sama untuk mendapat gerakan seimbang.

Belum lagi jika kayak dilakukan di tempat baru, itu bisa menggugah pengetahuan tentang sejarah atau budaya yang ada di lokasi sekitar. Jadi, traveling bernuansa petualangan bisa membuat semua fungsi tubuh terhubung. Dan ini yang membuat traveling jenis ini makin digemari pada 2018.

Wisatawan percaya kalau petualangan itu bersifat pribadi, dan pengalaman yang didapat hanya bisa dinikmati secara personal. Tipe petualangan yang dipilih biasanya berdasar pada profil pribadi, gairah dan minat. Dan tentunya wisatawan lebih memilih mendatangi tempat baru.

Wisatawan petualang biasanya enggan terikat pada aturan tertentu dan lebih ingin kebebasan. Karenanya, pelancong jenis ini kurang suka menyewa jasa agen perjalanan. Semua aktivitas terasa seperti terbatasi, dan itu sangat bertentangan prinsip petualangan.

Sangat aneh saat mereka menamakan diri wisatawan petualang tapi justru terbelenggu pada kelompok tur tertentu yang selalu memakai buku panduan untuk melakukan apapun. Kesan yang bisa didapat memang akan sama, tapi itu tak terjadi secara alami dan seolah dipaksakan.

Petualang hebat dengan perjalanan tak terlupakan bisa didapat saat mau melepas semua aturan yang ada. Tapi tentu tak lepas dari rencana perjalanan yang dibuat, apalagi terkait waktu dan biaya. Tetap komitmen pada apa yang direncanakan itu jauh lebih dari apapun.

Traveling berkonsep petualangan ada di garis paling depan tahun ini. Bersafari, mendaki gunung, arung jeram, bersepeda, ekspedisi, merupakan beberapa jenis petualangan yang akan naik daun. Tapi pada dasarnya, para petualang melakukan ini sebagai apresiasi pada alam bebas.

Petualang ingin merasa lebih dekat dengan alam, karenanya mereka mendaki gunung. Petualang ingin menikmati eksotisme alam, karenanya mereka bersafari. Petualang juga ingin merasakan gemericik air, karenanya mereka berarung jeram. Ini semua merupakan bentuk apreasiasi sederhana.

Khusus untuk tipe petualang, bukan negara mana yang dituju selanjutnya, tapi suatu lokasi yang bisa menyediakan apa yang mereka ingin. Bahkan jika destinasi itu sangat jauh sekalipun, petualang sejati tetap akan mendatangi. Tentu dengan menyesuaikan jadwal perjalanan yang ada.

Traveling sembari berpetualang merupakan gabungan aktivitas menyenangkan, juga bisa memberi kejutan tak tertebak. Petualangan tampaknya akan menjadi perjalanan favorit bagi siapapun, dan bisa dengan mudah dilakukan. Dan banyak agen perjalanan sepertinya sadar akan potensi ini.

Banyak agen lalu menawarkan gabungan traveling dan petualangan ke sebagian besar perjalanannya. Terutama untuk mengeksplor bagian terpencil dunia yang sebelumnya belum terjamah. Juga, makin banyak petualang yang akan menjauhi pusat keramaian untuk pergi ke tempat antah berantah.

Dari semua itu, tren traveling bertema petualangan agaknya akan mengarah pada hiking, bersafari, arung jeram, dan berkemah. Jika ingin mengikuti tren traveling ini, sebaiknya mulai bersiap dari sekarang tentang apa-apa yang nanti dibutuhkan selama di perjalanan.

Advertisements

Leave a Reply