Parents

Kiat Khusus Mendidik Anak Pendiam

Kamu pasti sering mendengar ungkapan diam itu emas namun bagaimana jika sang buah hati malah terlalu pendiam. Tentu hal ini bisa berdampak bagi kegiatan bersosialisasinya, ia akan sulit untuk bergaul dan pemalu. Anak yang terlalu pasif akan membentuk karakternya yang kurang percaya diri, mudah takut dan cengeng. Untuk mencegah hal ini terjadi pada buah hati kita maka bisa dilakukan beberapa trik berikut ini :

  1. Biasakan Dengan Tempat Ramai

Untuk membuat sikecil lebih aktif bagaimana jika kamu sering mengajaknya ke tempat – tempat yang ramai. Kamu bisa mengajaknya ke taman bermain, supermarket hingga naik transportasi umum. Hal ini akan membiasakannya untuk bertemu banyak orang dan terbiasa dnegan kerumunan. Jika ia menangis dalam situasi tersebut maka cobalah untuk menenangkannya dengan mengalihkan pada pembicaraan terkait lingkungan sekitar.

  1. Kenalkan Dengan Siaktif

Langkah selanjutnya ialah kenalkan buah hati dengan teman yang lebih aktif darinya. Hal ini dapat mendukungnya untuk aktif berbicara dan melakukan kontak mata. Ia juga belajar untuk bersahabat dengan orang lain. Kamu bisa mengundang teman sebaya ke rumah atau berkunjung ke tetangga yang memiliki anak sebaya. Menurut penelitian juga dikatakan bahwa memasangkan buah hati dengan anak yang lebih muda akan meningkatkan popularitasnya hingga 50%.

  1. Berilah Tugas Yang Mengandalkan Untuk Berbicara

Melatih anak pendiam kamu juga harus sabar untuk memupuk keberanian dalam hatinya. Tugaskan untuk sering bercerita atau bertanya kepada orang lain. Dengan bercerita sikecil juga lebih terlatih dalam mengungkapkan perasaannya. Ia akan lebih terbuka dan menjadi aktif berbicara sedangkan melatihnya untuk bertanya kepada orang lain akan mampu menanamkan keberanian pada sikecil.

  1. Motivasi Dengan Pujian

Memberikan pujian juga ampuh dalam membakar semangat sikecil untuk menjalankan misinya. Dengan pujian anda juga menghargai kerja kerasnya walau memang tidak sempurna. Selain sanjungan biasanya juga bisa diberikan hadiah namun anda perluingat untuk tidak selalu menyatakan pemberian hadiah terlalu sering.

  1. Banyak Lakukan Kegiatan Fisik dan Berikan Pilihan

Tips terakhir untuk melatih anak agar lebih aktif berbicara ialah banyak melakukan kegiatan fisik ketimbang nonton TV. Kamu bisa memasukannya ke sekolah seperti play grub atau mengajaknya jalan – jalan ke taman. Sesekali berilah pilihan agar ia mampu menentukan pilihannya sendiri dan lebih sering berpendapat.

Leave a Reply