Health

Manfaat Kesehatan Dibalik Meminum Air Hangat Setelah Bangun Pagi

Apa rutinitas pagi yang kamu lakukan setelah membuka mata dari bangun tidur? Mengecek handphone? Bergegas mandi untuk ke kantor? Atau masih ngulet sebentar untuk “mengumpulkan nyawa”? Ada baiknya setelah kamu bangun tidur kamu melakukan aktivitas ini untuk kesehatan kamu yang lebih baik di tahun 2018 ini yakni meminum air hangat.

Meminum air hangat ketika kamu bangun tidur dipercaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh terutama untuk menghidrasi tubuh yang kekurangan air selama kamu tidur. Jumlah air yang disarankan yakni sebanyak 470ml atau setara dengan 2 gelas. Selain itu meminum air hangat setelah kamu bangun juga dapat membantu metabolisme tubuh kamu serta meningkatkan pembakaran kalori selama seharian. Manfaat tambahan lainnya lagi adalah untuk memperlancar pencernaan kamu.

Tambahan lainnya dengan air hangat adalah lemon. Mencampurkan lemon dan air hangat di pagi hari ketika kamu bangun juga dapat memberikan dampak kesehatan yang baik untuk kamu. Dilansir dari Gaia, meminum minuman ini dipagi hari dapat memelihara kesehatan kulit kamu terutama untuk keriput, selain itu lemon juga bermanfaat untuk menghilangkan radikal bebas serta racun pada tubuh yang dapat mengakibatkan jerawat.

Manfaat lainnya, kombinasi air hangat dan lemon bermanfaat juga untuk memerangi bau mulut selain itu untuk kamu yang memiliki hobi gym, air lemon hangat ini juga dapat membantu untuk meredakan nyeri otot dan persendian setelah semalaman kamu mengangkat beban berat.

Namun dibalik dari segudang manfaatnya, air lemon hangat tidak sepenuhnya memiliki dampak kesehatan lho terutama untuk gigi kamu. Dilansir dari Metro UK, Dr Raha Sepehrara menerangkan bahwa air lemon hangat dapat menghilangkan email pada gigi kamu dan juga membuat gigi berubah kekuningan serta menjadi sensitif.

Terlebih lagi setelah kamu meminum air lemon hangat lalu kamu menggosok gigi, hal ini semakin membantu untuk mengikis email pada gigi. Jadi apabila kamu ingin meminum air lemon hangat dipagi hari ada baiknya tidak meminumnya setiap hari untuk menghindari pengikisan email pada gigi kamu. Lalu kapan baiknya kamu menggosok gigi setelah meminum air lemon hangat? Dr Raha merekomendasikan jangka waktu yang tepat untuk menggosok gigi adalah 1 atau 2 jam setelah kamu meminum minuman ini.

Meminum air hangat saja ataupun air lemon hangat dapat menjadi langkah awal kamu untuk hidup sehat di tahun 2018 ini. Persiapkan air hangat didekat meja tidur kamu ya untuk memulai gaya hidup sehat ini.

By: Ricky Wirianto

Advertisements

Leave a Reply