Life Parents

Moment Kelahiran Anak, Haruskah Dibagi Melalui Media Sosial?

Sebagai orang tua, kelahiran anak adalah moment yang sangat ditunggu dan membahagiakan. Tidak ada yang salah dengan berbagi kebahagiaan bersama keluarga, sahabat dan orang-orang terdekat. Namun, saat ini ada fenomena di mana proses kelahiran anak diabadikan dan dibagikan ke media sosial. Bahkan kini ada birth photography di mana para fotografer akan mengabadikan moment kelahiran seorang anak.

Faktanya, keputusan ini memang tidak bisa disalahkan atau dibenarkan karena setiap orang tua memiliki hak sepenuhnya terhadap anak-anaknya. Tapi sekali lagi, kamu harus tahu bahwa ada beberapa alasan yang membuktikan bahwa seharusnya anda tidak membagikan momen kelahiran anak melalui media sosial:

  1. Proses Kelahiran Anak Sangat Penting dan Pribadi

Sama halnya dengan prosesi pernikahan yang sakral dan bahkan ada yang melangsungkannya dengan tertutup. Proses kelahiran anak juga bisa dianggap sangat pribadi dan penting dalam suatu keluarga. Daripada sibuk fokus dengan pengambilan gambar atau mungkin anda merasa tidak nyaman ada orang lain yang sedang mengambil video atau gambar, bukankah lebih baik jika anda fokus pada si jabang bayi yang akan lahir ke dunia? Suara tangisannya yang pertama adalah moment penting yang tidak bisa anda ulang.

Di lain sisi, jikapun anda memang berniat untuk mengambil footage proses kelahiran, silakan saja. Tapi sebaiknya hindari untuk untuk membagikannya ke media sosial mengingat proses kelahiran memang bersifat pribadi.

  1. Ada Resiko Dari Pihak yang Tidak Bertanggung Jawab

Membagikan video atau foto ke media sosial berarti anda sukarela mengizinkan orang lain melihat, mengunduh atau bahkan menguploadnya kembali. Anda tidak bisa mencegah orang lain melakukan apa yang merka inginkan. Resiko terburuk, video atau foto yang anda unggah di media sosial bisa digunakan untuk melakukan hal-hal yang tidak terpuji. Tentu anda tidak ingin moment kelahiran anak anda ke dunia digunakan untuk hal yang tidak baik bukan?

Di luar kedua alasan di atas, faktanya akan lebih baik jika anda lebih fokus pada kesehatan anda dan buah hati. Sebagai gantinya mungkin anda bisa membagikan foto perkembangan anak nantinya di media sosial. Tapi sekali lagi ingat bahwa dunia maya tidaklah sebaik dunia nyata dan anda tetap harus berhati-hati dan bijak dalam menggunakannya.

Selamat atas kelahiran anggota baru di keluarga anda..

Advertisements

Leave a Reply