Art Life

Apa Sih Bedanya Kamera Mirrorless Dengan DSLR

Fotografi bukan hanya sebagai hobi bagi beberapa orang namun juga bisa dijadikan  pekerjaan yang menghasilkan. Tentunya peralatan yang wajib kamu miliki untuk menggeluti bidang ini ialah kamera. Ada beberapa jenis kamera yang bisa kamu temukan di pasaran. Kebanyakan fotografer professional akan menggunakan kamera DSLR. Selain DSLR ternyata ada kamera mirrorless yang juga difavoritkan untuk menangkap gambar. Ingin tahu perbedaan keduanya lebih lanjut? Cek disini ya!

Memiliki Tingkat Pencahayaan Yang Berbeda

Kamera mirrorless memiliki keunggulan mampu menetapkan tingkat pencahayaan diawal ketimbang DSLR. Hal ini memungkinkan kamu menilai apakah gambar jepretanmu terlalu terang atau malah terlalu gelap. Kamera DSLR sendiri memiliki keterbatasan dalam perkiraan pencahayaan namun ia juga lebih unggul dalam ketahanan baterai.

Ukurannya Berbeda Jauh

Jika dilihat dari bentuknya sebenarnya keduanya memiliki bentuk yang mirip namun berbeda ukuran. Kamera DSLR jauh lebih berat ketimbang kamera mirrorless. Ada banyak fitur yang bisa kamu temukan dalam kamera DSLR karena bodinya yang besar. Kamera mirrorless lebih kecil sehingga disetting lebih ringkas dan lebih ringan ketimbang DSLR. Kedua lensanya juga bisa digonta – ganti kok, tapi jenis lensa DSLR lebih banyak ketimbang mirrorless.

Dari Segi Harga Mirrorless  Lebih Bersahabat

Jika dibandingkan berdasarkan harga maka kamera mirrorless memang lebih murah ketimbang DSLR. Hal ini ditengarai penggunaan sensor dan fitur yang berbeda antara keduanya. Misalnya saja untuk DSLR biasa memakai sensor full frame sedangkan mirrorless memakai cropped sensor yang lebih kecil ketimbang milik DSLR. Penggunaan sensor sangat mempengaruhi  foto yang dihasilkan sehingga banyak fotografer professional lebih memilih DSLR ketimbang mirrorless.

Mode Senyap

Dalam menggunakan DSLR ketika kamu menekan tombol shutter pasti akan terdengar suara yang cukup keras. Hal ini tidak akan kamu temui jika memakai kamera mirrorless soalnya tidak ada penggunaan cermin didalam bodi kamera. Kamu bisa memfoto obyek dengan memakai mode senyap layaknya kamera smartphone saat menggunakan kamera mirrorless.

Selain kamera kamu juga perlu memperhatikan sudut pengambilan gambar atau angle. Tidak lupa untuk selalu merawat dan menjaga kameramu terlebih untuk bagian lensanya yang super sensitive. Jangan sampai kena gores ya.

 

Advertisements

Leave a Reply