Life

 Festival – Festival Di India Ini Gak Tahan Bikin Kamu Goyang Terus

India dikenal sebagai negara yang banyak mengeluarkan film – film berkualitas yang tak kalah dengan Hollywood. Ciri khas dalam setiap filmnya pasti jogetan yang bikin kita tak tahan untuk bergoyang. Bukan hanya filmnya saja yang bikin kita ikut menari ternyata festival – festival ini juga bikin kamu ikut menari di depan umum. Penasaran? yuk simak ulasannya berikut ini siapa tahu kamu tertarik untuk ikutan juga, iya gak?

burning-candles-in-the-indian-temple-P6X2QX7.jpg

Festival Lohri

Festival satu ini cukup dikenal di wilayah Punjab, India untuk merayakan titik balik musim dingin. Pada saat festival Lohri dirayakan akan banyak para gadis berdandan cantik dan menari dihadapan api unggun. Biasanya perayaan Lohri diadakan pada tanggal 13 Januari menurut kalender Punjab. Selain memiliki tarian yang khas para gadis India ini akan melemparkan kacang ke arah api unggun saat menari. Ada banyak lagu terkait Lohri yang bisa dinyanyikan saat perayaan.

Festival Holi

Holi menjadi salah satu festival yang paling dinantikan tidak hanya bagi warga India namun juga wisatawan luar negeri. Saat perayaan Holi maka warga akan saling melempar serbuk warna warni yang membuat seluruh tubuhmu tak luput dari warna. Warna ini mencerminkan musim semi dan memiliki cara yang berbeda dalam perayaannya disetiap kota di India. Salah satunya Holi di Vrindavan yang juga menggunakan taburan bunga, holi di Barsana yang dibalut cerita rakyat hindu. Selain menyemburkan warna ke siapapun yang ditemuinya kamu juga tak luput untuk diajak menari bersama.

Festival Diwali

Festival ini juga dikenal sebagai festival cahaya yang terjadi setiap pertengahan Oktober ataupun November. Festival Diwali merupakan festival terbesar di India yang dirayakan dalam dua hari sehingga ditetapkan pula sebagai hari libur nasional. Diwali merupakan simbol kebaikan yang mampu menang melawan keburukan. Setiap pintu rumah akan dihiasi dengan lantai penuh warna yang didesain sangat menarik. Kamu juga akan diajak untuk melakukan ritual Lakshmi Pooja. Menyalakan lilin sepanjang malas dan kembang api bahkan petasan. Tak hanya itu ada pula permainan seperti petak umpet , kartu charades, estafet hadiah dan masih banyak lagi lainnya. Semua orang bebas ikut merayakannya tak membedakan agama atau bahkan suku.

 

Advertisements

Leave a Reply