Life Parents

Mengapa Anda Harus Membiarkan Anak-Anak Tinggal Dalam Satu Kamar?

Ada banyak hal yang harus dipersiapkan saat anda memiliki anak di dalam sebuah rumah. Tidak hanya masalah pendidikan yang penting, lebih dari itu anda juga harus membuat anak merasa nyaman di rumah. Saat ini beberapa keluarga yang memiliki anak lebih dari satu, seringkali memisahkan kamar untuk mereka. Jadi setiap anak akan memiliki satu kamar sendiri sebagai space pribadi. Tapi tahukah anda, faktanya membiarkan anak-anak berbagi kamar akan sangat menyenangkan. Selain itu ada beberapa manfaat yang bisa didapat oleh anak-anak jika mereka tinggal di kamar yang sama.

  1. Belajar Empati

Faktanya, anak-anak itu suka berbagi. Bahkan, menurut seorang ahli parenting, Joanna Seidel yang dilansir dari PureWow menyatakan bahwa anak-anak yang berbagi kamar akan belajar saling menghargai, mengembangkan rasa sabar dan pengertian.

Berbagi kamar bisa dibilang sebagai langkah awal untuk melatih anak-anak empati karena mereka akan lebih peduli dengan teman sekamarnya. Meski begitu, anda juga harus memperhatikan masalah kecil yang bisa muncul seperti pertengkaran atau perebutan sesuatu. Pastikan anda memiliki aturan sendiri dalam menempatkan anak-anak dalam satu kamar.

  1. Mudah Adaptasi

Tidak semua anak mau atau bersedia masuk asrama saat sekolah nanti. Namun, dengan membiasakan anak-anak tidur di kamar yang sama, maka anak akan lebih mudah beradaptasi dengan teman sekamarnya di asrama nanti. Dengan tinggal di kamar yang sama, anak-anak sudah belajar menghargai apa yang menjadi miliknya dan milik orang lain. Ini sikap yang bagus bukan?

  1. Mempererat Hubungan Persaudaraan

Tidak ada orang tua di dunia ini yang ingin melihat anak-anaknya tidak saling akur. Dengan membiarkan anak-anak tinggal satu kamar, maka secara tidak langsung mereka akan tumbuh bersama. Dalam proses tumbuh kembang bersama ini mereka memiliki waktu lebih banyak untuk melakukan berbagai hal bersama-sama. Dengan kata lain, membiarkan anak-anak tinggal di kamar yang sama bisa mempererat hubungan persaudaraan diantara anak.

Lebih dari ketiga manfaat itu, anak-anak tidak akan merasa kesepian karena mereka memiliki teman di ruangan yang sama. Apakah anak-anak anda juga tinggal di kamar yang sama?

Leave a Reply

%d bloggers like this: