Parents

Anak Susah Makan? Atasi Dengan Cara Ini Bunda..

Masa anak-anak merupakan masa di mana buah hati anda sedang mengalami tumbuh kembang. Untuk itu penting bagi bunda untuk mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh anak. Namun, sayangnya saat ini karena pengaruh gadget, snack dan lain sebagainya anak-anak menjadi sulit sekali untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bernutrisi.

Memaksa anak makan jelas bukan pilihan tepat. Sekalipun anak bunda tidak termasuk kategori anak yang sulit makan, tapi pasti ada saatnya di mana anak-anak malas dan tidak mau makan sama sekali. Nah, kali ini kami akan memberikan beberapa cara yang bisa bunda coba agar anak-anak tetap berselera untuk makan;

  1. Biasakan Makan Teratur

Cara pertama ini harus bunda terapkan sejak kecil untuk menghindari kemungkinan anak sulit untuk makan. Jadi setiap harinya, bunda harus mengajak anak untuk makan di jam-jam yang sama. Misalkan sarapan pagi jam 06.00, lalu makan siang jam 12.00 dan makan malam jam 18.00. Nah, jam-jam makan ini harus tetap dipatuhi meskipun hari libur agar anak-anak terbiasa makan teratur dan tepat waktu. Pengaturan jam makan ini juga bisa membuat anak merasa lapar hanya pada jam-jam tersebut lho Bunda..

  1. Ajak Anak Untuk Menyiapkan Makanan

Nah, cara kedua adalah dengan melibatkan anak dalam urusan memasak dan menyiapkan makanan di meja makan. Meskipun tidak bisa memasak bersama setiap hari, meluangkan waktu untuk berkarya di dapur saat akhir pekan adalah ide bagus. Minta anak anda untuk membantu pekerjaan ringan seperti mencuci buah, menyiapkan bahan makanan dan pekerjaan-pekerjaan ringan lain. Selain itu anak-anak akan merasa senang karena makanan yang disajikan adalah makanan buatannya. Jangan lupa juga untuk membuat suasana makan lebih menyenangkan dan hidup agar anak-anak bisa makan dengan bahagia ya..

  1. Kurangi Camilan

Salah satu alasan yang membuat anak susah makan adalah camilan yang terlalu banyak. Kebiasaan memberikan camilan tanpa mengatur waktu dengan baik bukanlah pilihan bijak. Anda harus bisa mengatur kapan camilan boleh dimakan dan tidak. Sebisa mungkin anda juga harus menyediakan camilan sehat dan bergizi, agar anak-anak tetap mendapat nutrisi yang dibutuhkan dari camilan yang dimakannya.

Selain ketiga cara di atas, bunda juga bisa mengajak anak beraktivitas di luar ruangan agar anak merasa lelah dan lapar. Setelahnya, bunda bisa mengajak anak makan bersama untuk mengisi energi yang sudah dikeluarkan..

Advertisements

Leave a Reply