Health Tasty

 Tips Menyimpan Buah dan Sayuran Agar Tetap Segar

Buah dan sayur adalah termasuk bahan alami yang lezat, kaya nutrisi dan menyehatkan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengolah kedua bahan alami ini. Kamu bisa mengkonsumsinya secara langsung, dibuat jus, smoothies, salad atau bahkan dimasak bersama bahan makanan lain. Mengingat tidak semua orang memiliki waktu berbelanja setiap hari, maka banyak orang memilih membeli buah dan sayur untuk stok beberapa hari ke depan. Penyimpanan yang tidak benar, faktanya bisa merusak buah dan sayur lho. Pada akhirnya buah dan sayur yang layu dan rusak akan terbuang dan ini namanya pemborosan. Nah, agar buah dan sayur yang kamu simpan tetap segar, yuk simak ulasannya berikut ini:

  1. Simpan Dalam Bentuk Utuh

Setiap kali membeli sayur atau buah biasanya memang tidak bisa dikonsumsi langsung hingga habis. Beberapa orang akan menyimpan sisanya. Jika kamu juga berniat untuk menyimpan, pastikan untuk menyimpan buah dan sayur dalam keadaan utuh. Buah dan sayuran sisa yang sudah terpotong atau terbelah akan lebih cepat layu dan memicu pembusukan lebih cepat.

  1. Perhatikan Jenis Buah dan Sayur Serta Cara Penyimpanan

Saat berbelanja buah dan sayur, pastikan kamu memilih jenis yang berkualitas bagus dan tidak cepat membusuk. Selain itu kamu juga harus memperhatikan cara penyimpanan buah dan sayur yang sudah kamu beli. Beberapa orang berpendapat bahwa buah dan sayur lebih baik disimpan dalam kulkas agar tetap segar. Tapi faktanya tidak semua buah dan sayur bisa dan cocok  disimpan di lemari pendingin. Contohnya kentang, tomat dan bawang tidak bisa disimpan dalam kulkas.

Selain itu beberapa jenis buah dan sayur tidak boleh disimpan atau diletakkan berdekatan karena bisa memicu pembusukan dan kematangan lebih cepat.  Buah dan sayuran seperti ini disebut mengandung etilen dan sebaiknya tidak disimpan bersama buah dan sayur lain. Beberapa buah dan sayur yang mengandung gas etilen adalah pisang, mangga, kiwi, alpukat dan tomat.

  1. Minimalisir Kelembaban dan Jauhkan Dari Tempat Hangat

Sebisa mungkin hindarkan menyimpan sayur dan buah dekat tempat hangat seperti pemanggang, kompor dan tempat yang terkena cahaya matahari langsung karena bisa memicu kematangan lebih cepat.

Kemudian beberapa sayur akan lebih baik diminimalisir kelembabannya agar bisa tahan lama. Manfaatkan handuk dan kertas untuk menyerap kelembaban. Kamu juga bisa menutup wadah penyimpanan sayur menggunakan plastic wrap.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu semua..

Advertisements

Leave a Reply