Parents

Ungkap Bagaimana Cara Yang Benar Menghukum Sikecil Yang Kurang Disiplin

Tidak ada satupun orang tua yang menganggap mudah dalam mendidik anaknya. Jika kamu terlalu lembut sikecil akan bersikap manja dan apabila terlalu kasar mereka akan menjadi penakut. Walaupun begitu bukan berarti tidak ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mendisiplinkannya. Kamu bisa saja memberikan beberapa hukuman yang masih dalam batas kewajaran agar ia jera dan memahami kesalahan yang dibuatnya.

Ingat Hindari Lakukan Tindak Kekerasan Padanya

Sad boy with angry father

Saat menghukum sikecil kamu harus ingat untuk menghindari tindak kekerasan padanya karena bisa saja mengganggu perkembangan mental sianak di masa depan. Hindari mencubit, menjewer atau bahkan mengurungnya. Berkomunikasi merupakan salah satu hal yang bisa kamu andalkan saat menghukumnya. Jelaskanlah apa kesalahannya dan akibatnya jika ia terus melakukan kesalahan tersebut. tanyakan pendapatnya juga mengenai apa yang ia lakukan.

Diamkan Saat Ia Mengamuk

beautiful-sad-girl-at-home-PS4U8QT.jpg

Saat kita melarangnya untuk melakukan sesuatu biasanya sikecil akan mengamuk dengan menunjukkan tangisan atau bahkan memukul barang – barang yang disekitar kita. Tak jarang ia akan merajuk padamu agar keinginannya terpenuhi. Yang bisa kamu lakukan saat itu ialah membuatnya tenang dengan mendiamkannya. Kamu tak perlu melakukan apapun hanya diam saja dan tunggulah Ia berhenti menangis. Saat sibuah hati tenang barulah kamu bicara empat mata padanya.

Berikan Konsekuensi

sad-little-boy-holding-to-mother-PJN7ASK.jpg

Perbedaan umur juga sangat mempengaruhi kamu dalam menentukan hukuman yang tepat. Bagi anak yang berusia 3 – 7 tahun kamu bisa memberikan hukuman berupa melarang aktivitas yang disukainya. Kamu bisa melarang menonton TV, bermain video games, makan camilan kesukaannya dalam waktu tertentu saja.

Dalam Hukuman Pujian Juga Perlu Kamu Utarakan

mother-consoling-daughter-and-son-sitting-on-the-PKZBANV.jpg

Selain menghukum kamu juga perlu memuji si dia setelah menjalani hukumannya. Pujilah dengan spesifik perilaku sikecil sebagai tanda penghargaan si dia yang mau bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya. Dalam mendidik sikecil kita tak bisa terlalu luwes tapi juga dilarang untuk terlalu tegas. Kamu juga harus mau memperhatikan harga diri buah hati dan memahaminya.

Hindari Memberikan Hadiah Sebagai Motivasi

Beberapa orang tua biasa memberikan hadiah untuk si kecil jika ia melakukan hal – hal yang diperintahkan orang tuanya. Disisi lain hal ini hanya akan menjadi motivasi sesaat bagi anak kamu untuk berkembang. Berikanlah hadiah hanya sebagai surprise sehingga tidak sering dijadikan sebagai kebiasaan semata.

Leave a Reply