Life

Ingin Jadi Pribadi yang Lebih Terorganisir? Ini 5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan

Tetap terorganisir dalam berbagai hal tentu saja impian bagi setiap orang, memiliki kamar, meja kerja, rumah hingga pekerjaan yang rapi memudahkan kamu untuk beraktivitas dan tentunya berdampak baik untuk diri kamu sendiri. Namun, bagi kamu yang terbiasa dengan kondisi yang berantakan pasti akan sulit untuk memulai menata semuanya agar dapat rapi dan teratur, terlebih untuk aktivitas-aktivitas sehari-hari.

Dilansir dari Travel and Leisure, ternyata orang-orang yang sudah terbiasa dengan menata aktivitas dan barang-barangnya agar terorganisir dan rapi menerapkan pola pikir dan kebiasaan yang dapat kamu lakukan juga lho. Dilansir dari Travel and Leisure (http://www.travelandleisure.com/syndication/how-to-stay-organized-everyday-habits ) yang diperlukan agar tetap terorganisir adalah pembiasaan diri, caranya yakni:

Business planning calendar reminder

  1. Buat To-Do List

Cara termudah yang dapat kamu lakukan pertama kali adalah dengan membuat daftar-daftar apa yang akan kamu lakukan atau kerjakan. Bisa saja dimulai dari daftar pekerjaan atau aktivitas mingguan ataupun harian. Dan jangan lupa untuk mengurutkan hal-hal yang lebih penting didaftar paling atas untuk memudahkan kamu dalam melaksanakan aktivitas lainnya.

2. Memanfaatkan teknologi

Semua ingatan manusia terbatas, saat ini banyak aplikasi-aplikasi untuk menunjang produktivitas kamu dalam mengingatkan kegiatan-kegiatan apa saja yang harus kamu lakukan, termasuk seperti To-Do List. Gunanya adalah memudahkan kamu untuk tetap pada jalur agar aktivitas yang ingin kamu lakukan dalam satu hari atau minggu dapat dilaksanakan. Jadi, manfaatkan seefektif mungkin smartphone kamu.

3. Ketahui kelemahan kamu

Apabila salah satu kelemahan kamu adalah mudah lupa seperti tips nomor 2 diatas, maka sudah jelas kamu harus mengantisipasi agar tidak lupa dengan catatan yang dapat kamu gunakan di smartphone. Dengan mengetahui kelemahan dan mencari cara untuk menanggulanginya, ini akan memudahkan kamu untuk menetapkan To-Do List dan menyelesaikan aktivitas-aktivitas yang akan dikerjakan.

4. Lakukan aktivitas yang lebih susah terlebih dahulu

Ada sebagian orang yang melakukan pekerjaan yang mudah terlebih dahulu dan kemudian melakukan yang susah kemudian. Hal ini sah-sah saja mengingat setiap orang memiliki cara pandang dan merasa lebih nyaman melakukan hal tersebut. Namun coba untuk melakukan aktivitas yang lebih susah terlebih dahulu baru melakukan yang mudah, dengan menyelesaikan aktivitas yang mungkin saja tidak kamu sukai terlebih dahulu selanjutnya kamu akan lebih nyaman dan lebih baik dalam melakukan hal yang kamu sukai. Ini termasuk hal yang saya lakukan untuk tetap teroganisir, hasilnya beban pikiran tidak banyak dan membantu saya untuk lebih siap dalam melakukan aktivitas selanjutnya.

5. Rapikan semuanya sebelum kamu tidur

Kamu punya kebiasaan mempersiapkan semua barang-barang kamu dipagi hari? Coba untuk mengubahnya dengan mempersiapkan semuanya dimalam hari sebelum kamu tidur, seperti pakaian yang akan kamu gunakan dibesok hari, berkas-berkas yang akan dibawa, ataupun kebutuhan lainnya. Dampak positifnya, dipagi hari kamu tidak perlu tergesah-gesah untuk mempersiapkan semua barang dan meminimalisir barang yang tertinggal serta kondisi kamar yang sudah rapi ketika kamu bangun dipagi hari.

Kamu punya tips untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dalam mengorganisir aktivitas atau pekerjaan? Bagikan dengan kami ya.

 

Source: http://www.travelandleisure.com/syndication/how-to-stay-organized-everyday-habits

 

By: Ricky Wirianto

Leave a Reply