Music

Musik Merupakan Bahasa yang Universal

Sebuah studi di Harvard menemukan sebuah tautan universal antara bentuk lagu dan vokal. Beberapa partisipan mendengarkan petikan lagu pendek berasal dari budaya yang tidak familiar bagi mereka. Bukannya mampu menebak budaya tersebut berasal melainkan mampu menebak fungsi lagunya.

music-PL6659T.jpg

Planet ini diisi oleh banyak budaya yang sangat berbeda dan bukanlah suatu kejutan apabila mereka tidak saling mengerti. Terlepas dari perbedaan tersebut, para peneliti menemukan seuatu yang bisa mereka bagikan yaitu musik. Sebuah studi akhir-akhir ini menemukan tautan global antara bentuk musikal dan vokal, artinya sebuah lagu balad tentang cinta akan memiliki bunyi yang sama terlepas dari apapun budaya lagu tersebut berasal.

Studi di Harvard menanyakan 750 pengguna internet dari Negara yang berbeda untuk mendengarkan 14 detik petikan lagu.  Lagu-lagu itu berasal dari berbagai tempat yang berbeda dari seluruh dunia termasuk lagu yang jarang didengar seperti lagu untuk para pemburu dan penggembala ternak. Partisipan lalu diberi enam pertanyaan tentang bagaimana mereka memaknai lagu tersebut, baik yang tujuannya mampu membuat mereka berdansa atau untuk menyatakan cinta

Lagu-lagu pada studi tersebut juga dapat digunakan untuk menenangkan bayi, menyembuhkan penyakit, meratapi sebuah kematian atau untuk pengantar cerita tetapi hanya empat jenis lagu saja yang ada menurut para peneliti.

Data setelah lebih dari 26.000 telah didengarkan untuk menunjukan deskripsi akurat tentang fungsi lagu dari persilangan budaya.

Manvir Singh, salah satu penulis dari studi ini mengatakan: kita menunjukan bahwa kita membagikan produksi psikologikal dengan corak fundamental dalam melampaui perbedaan budaya yang mendalam. Ini menyarankan bahwa emosional dan sikap kita merespon stimulasi estetis menjadi sangat mirip walaupun melingkupi populasi luas yang berbeda

Ini sangat mengejutkan para peneliti karena kebanyakan orang mempercayai bahwa musik dibentuk oleh budaya dan melewati kerajaan binatang di sana ada tautan antara bentuk dan fungsi dari vokal. Ketika singa mengaum atau seekor elang melengking seperti contohnya suara ini terdengar asing bagi pendengaran manusia. Tetapi ini belum jelas, sampai sekarang, apakah konsep tersebut sama bagi lagu manusia.

Psikolog Dr Samuel Mer, mengatakan meski mengejutkan keberagaman musik dipengaruhi oleh budaya yang tidak terhitung dan siap tersedia untuk para pendengar modern, pembagian alam manusia mungkin menggarisbawahi struktur musikal yang melampaui perbedaan budaya.

Pada sebuah eksperimen kedua para peneliti menanyakan kepada 1000 penguna internet di Amerika Serikat dan India untuk member rating nukilan dari beberapa penyanyi, jenis kelamin dan jumlah instrumen. Mereka juga memberi rating terhadap melodi dan kompleksitas ritmik, tempo, ketukan, gairah, valensi dan keenakannya. Para peneliti mengidentifikasi hubungan antara fitur musikal dan fungsi lagu. Tetapi ini belum cukup untuk menjelaskan cara manusia mampu mendeteksi sebuah fungsi lagu.

Group of friends dancing

Salah satu hal yang menarik ditemukan, Dr Mehr menjelaskan hubungan antara lagu pengantar tidur dan lagu untuk berdansa. Ia mengatakan “tidak hanya para user mampu mengidentifikasi lagu berdasarkan fungsinya tetapi fitur musikal mereka saling bertentengan. Lagu untuk dansa biasanya lebih cepat secara ritmik dan melodinya kompleks, dan dipahami oleh partisipan sebagai “menyenangkan” dan “lebih menarik”. Lagu pengantar tidur merupakan kebalikannya lebih lambat, ritmik dan melodinya lebih simpel, dan dipahami oleh partisipan sebagai suatu “kesedihan” dan “kurang menarik”.

Para peneliti saat ini mencoba tes ini kepada para pendengar yang hidup terisolasi, masyrakat dengan skala kecil dan ridak pernah mendengarkan musik selain budaya mereka sendiri. Mereka juga meneliti lebih lanjut tentang musik dari berbagai budaya dan berusaha menemukan bagaimana fitur tertentu berhubungan dengan fungsi walaupun fitur tersebut mungkin bersifat universal.
Sumber artikel: http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-5313137/Research-proves-music-universal-language.html#ixzz55TWsHZz7

Advertisements

Leave a Reply