Health

Studi: Konsumsi Sushi yang Dibekukan Dahulu untuk Menghindari Cacing Pita

Tren mengkonsumsi sushi seakan tidak pernah redup dan selalu memiliki para penikmatnya, terlihat dari banyak restoran yang menyediakan makanan khas dari Jepang satu ini. Namun, baru-baru ini seorang pria di California mendapati tubuhnya memiliki cacing pita dengan panjang 1,6 meter! Pria ini mengaku mengkonsumsi sushi setiap harinya. Mengerikan? Ya. Kegemarannya mengkonsumsi makanan dengan bahan dasar ikan ini menjadi salah satu dugaan terdapatnya cacing pita tersebut pada tubuhnya.

Sushi

Bagi kamu yang sering mengkonsumsi sushi tentu hal ini menjadi salah satu hal yang perlu diwaspadai mengingat nikmatnya potongan ikan laut dengan tekstur yang lembut dan sedikit kenyal dan enak untuk disantap bersama dengan keluarga atau teman-teman kamu ketika hang out. 1 pertanyaan yang muncul, apakah kejadian tersebut dapat terjadi pada kamu?

Menurut Badan Obat & Makanan AS (CDC) sushi akan aman untuk dikonsumsi apabila dibekukan sebelum disajikan. Meski dibekukan sekalipun tidak menjamin semua mikroorganisme yang berbahaya untuk tubuh manusia dimatikan, CDC merekomendasikan bahwa sushi disimpan pada suhu -15 derajat Celcius dan tidak lebih dari 7 hari penyimpanannya.

Japanese  sushi set on black tableware

Sushi akan dapat berdampak buruk apabila tidak dibekukan sesuai dengan standarnya dan dapat memungkinkan parasit muncul. Namun, bagi masyarakat Jepang sendiri umumnya lebih memilih mengkonsumsi sushi yang masih segar dibandingkan yang dibekukan terlebih dahulu, alasan adalah rasanya.

Lalu pertanyaanya bagaimana membedakan sushi yang dibekukan dan sushi yang masih segar? Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Kentaro Iwata, Takahiko Fukuchi dan Kenichi Yoshimura yang diunggah ke National Center for Biotechnology Information.

Peneliti meminta 40 partisipan untuk membedakan sushi yang dibekukan dan yang tidak dibekukan dari ikan kembung dan cumi-cumi. Hasilnya menunjukkan bahwa para partisipan tidak dapat membedakan mana sushi yang dibekukan dan sushi yang masih segar.

Melalui penelitian ini, para penikmat sushi disarankan untuk mengkonsumsi sushi yang dibekukan terlebih dahulu tujuannya adalah untuk menurunkan angka terjangkitnya parasit aniakiasis yang berdampak buruk pada tubuh manusia.

Advertisements

Leave a Reply