Health Life

4 Minyak Makan yang Tergolong Sebagai Minyak Sehat Wajib Kamu Miliki

Memperhatikan asupan makanan yang kamu konsumsi seharusnya menjadi perhatian bagi setiap orang untuk menjaga tubuhnya agar tetap sehat. Saat ini, banyak metode ataupun jenis makanan yang tersedia untuk membantu kamu menjaga tubuh sehat tersebut, salah satunya adalah dengan memilih minyak makan.

Ya, kamu tidak salah, minyak makan mulai menjadi perhatian bagi kebanyakkan anak muda untuk menjaga tubuhnya agar tetap sehat atau bahkan untuk membantu mereka dalam diet. Bagi kamu yang ingin memulai hidup sehat, mengenal keempat jenis minyak makan yang tergolong dalam kategori minyak sehat ini dapat menjadi langkah awal yang baik. Dilansir dari Menshealth inilah 4 minyak makan yang baik untuk tubuh kamu dan wajib kamu miliki didapur:

  1. Minyak Alpukat

avocado-oil-PTHLDTM.jpg

Sebagai pilihan menu diet, alpukat utuh selalu menjadi andalan yang tepat terutama sebagai topping dimenu-menu diet kamu, namun bagaimana dengan minyak alpukat? Sebuah penelitian yang dipublikasikan di The Journal of Nutrition menjelaskan bahwa minyak alpukat dapat membantu penyerapan nutrisi-nutrisi pada salad lebih baik, seperti antioksidan pada tomat. Minyak alpukat juga ideal digunakan untuk memasak karena dapat bertahan hingga suhu 260 derajat Celcius.

2. Minyak Biji Rami (Flaxseed Oil)

flax-seed-and-oil-PXAPSW5.jpg

Tubuh manusia memerlukan kandungan asam lemak omega-3 untuk menjaga kekebalan tubuh, pertumbuhan dan perkembangan otak, mencegah demensia dan beragam manfaat lainnya, namun sayangnya asam lemak omega-3 tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia. Minyak biji rami dapat menjadi alternatif pilihan yang tepat untuk mendapatkan kandungan asam lemak omega-3 dari sumber nabati. Dikarenakan minyak satu ini mudah terbakar sehingga ideal digunakan untuk konsumsi salad, dicampurkan dengan smoothies, ataupun dioleskan pada ayam atau sayuran sebelum dimasak.

3. Minyak Kanola

Minyak kanola banyak digunakan untuk hidangan-hidangan dari negara Korea hal ini dikarenakan manfaatnya yang baiknya dan ideal untuk digunakan pada suhu tinggi yakni mencapai 204 derajat Celcius. Minyak kanola mengandung omega 3 yang berfungsi pula untuk mengurangi peradangan serta membantu merendahkan trigliserida (kadar lemak dalam darah) dan juga baik untuk hati.

4. Extra Virgin Olive Oil

olive-oil-PQ6GC2G.jpg

Minyak satu ini sudah terkenal akan manfaatnya yang baik untuk tubuh kita, seperti membantu mengurangi kadar lemak jahat, otak, mata, ginjal hingga alat kelamin pria. Extra virgin olive oil umumnya banyak digunakan sebagai campuran berbagai hidangan makanan dan hidangan penutup karena rasanya yang banyak yang cocok dengan rasa minyak satu ini. Idealnya, extra virgin olive oil dipanaskan pada suhu rendah atau sedang karena minyak ini tergolong cepat terbakar.

 

By: Ricky Wirianto

Leave a Reply