Health Tasty

Bentuk Otot Kamu dengan 6 Makanan Ini Sebelum & Sesudah nge-Gym

Membangun massa otot bagi kamu yang sedang gym saat ini memerlukan waktu latihan yang rutin untuk bisa membentuk otot-otot tersebut. Namun faktor penting untuk membantu kamu membentuk otot tidak hanya melalui latihan dengan alat-alat berat tersebut saja lho, asupan makanan yang kamu konsumsi juga berperan penting dalam membentuk dan mempertahankan otot-otot tersebut.

Berbicara mengenai makanan, inilah 6 makanan yang tepat untuk kamu konsumsi 1 atau 2 jam sebelum dan sesudah kamu nge-gym, selain mudah untuk ditemui, ke-6 makanan ini juga tergolong makanan yang enak dan banyak digemari oleh orang-orang.

  1. Daging Ayam

close-up-of-roasted-chicken-with-oganges-bulgur-PPQYDHG.jpg

Selain kandungan proteinnya yang lengkap, daging ayam juga memiliki kandungan leucine yang kaya. Leucin sendiri merupakan kelompok asam amino esensial yang bermanfaat bagi tubuh manusia khususnya untuk pembentukan otot. Bagian ayam yang terbaik untuk dikonsumsi bagi kamu adalah dada ayam karena memiliki lemak yang lebih sedikit sehingga berdampak baik pada protein untuk diserap oleh otot. Konsumsi 4 ons dada ayam atau sebesar telapak tangan kamu untuk mendapatkan asupan 20 gram protein per hari.

2. Ikan Salmon

salmon-PU757QH.jpg

Ikan salmon juga mengandung asam amino esensial yang baik untuk pembentukan otot kamu dan tambahannya, ikan satu ini juga mengandung asam lemak omega 3 yang berperan membantu sel pada membrane lebih cair sehingga membantu otot kamu berkembang. Selain itu, kandungan pada ikan salmon ini juga dapat mencegah massa otot yang menghilang. Konsumsi 4 ons ikan salmon perhari dapat memberi kamu asupan 20 gram protein.

3. Telur

cooked-double-yolk-egg-P7ZNBNQ (1).jpg

Makanan andalan sejuta umat satu ini sudah dikenal baik untuk membentuk perkembangan otot karena mengandung vitamin B12. Penelitian yang dipublikasikan oleh American Society for Nutritio  mengungkapkan untuk mengkonsumsi telur secara keseluruhan, jadi jangan buang kuningnya ya, karena kuning telur juga mengandung vitamin D yang diperlukan untuk fungsi otot serta memiliki kaitan pula terhadap mengurangi cidera pada otot. Kamu dapat mengkonsumsi 4 telur untuk mendapatkan 20 gram protein selama sehari.

4. Kacang Polong

green-peas-PFLJWN8.jpg

Si hijau kecil satu ini mengandung protein yang baik untuk kamu namun untuk mengkonsumsinya disarankan untuk dikombinasikan dengan kacang-kacangan lainnya ataupun gandum untuk melengkapi asupan protein pada tubuh kamu khususnya otot. Selain itu, kacang polong bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang vegetarian namun tetap memerlukan kandungan protein untuk pembentukan otot kamu.

5. Daging Sapi

roast-beef-with-yorkshire-pudding-PH2U9ZW

Perlu asupan makanan yang cocok sebelum kamu gym? Daging sapi merupakan pilihan yang ideal karena mengandung creatine untuk membantu meningkatkan kinerja otot kamu pada saat melakukan latihan. Selain itu, daging sapi juga mengandung zat besi yang dibutuhkan untuk menyimpan oksigen pada sel otot untuk kemudian dilepaskan sebagai proses metabolisme tubuh yang dibutuhkan dalam proses kontraksi otot.

6. Greek Yogurt

bowl-of-greek-yogurt-P3SPLCP.jpg

Tidak kalah dengan daging, greek yogurt juga memiliki kandungan asam amino esensial yang diperlukan untuk perkembangan otot. Greek yogurt dapat menjadi minuman yang tepat untuk kamu karena mudah dicerna dan juga kaya akan kandungan kalsium serta vitamin D.

 

 

By: Ricky Wirianto

Advertisements

Leave a Reply