Health Life

Lakukan Cara Praktis Ini untuk Lebih Cepat Tidur Bagi Kamu yang Insomnia

Susah tidur dan berujung pada jam tidur yang kurang sehingga menggangu aktivitas keesokan harinya memang menyebalkan, selain mood yang jadi naik turun bisa jadi kamu akan mengutarakan kekesalan tersebut ke orang-orang disekitar.

Ada banyak cara untuk kamu yang insomnia untuk seperti tidak mengkonsumsi kafein, menghindari alkohol, olahraga, hingga melakukan meditasi. Setiap orang memang memerlukan caranya tersendiri untuk dapat lebih mudah tertidur ketika waktunya “pulau kapuk” memanggil. Dilansir dari Popsugar berikut adalah beberapa hal yang patut kamu coba apabila kamu mengalami insomnia menurut Anandi, seorang pakar tidur dan penulis Breathe Better, Sleep Better:

  1. Mengangkat Kaki ke Atas

attractive-mixed-race-woman-doing-restorative-P4RY2PK.jpg

Sebelum tidur, sandarkan kaki kamu keatas ke arah dinding, terdengar konyol? Sepertinya iya, namun pose ini sering digunakan pada yoga lho. Namun menurut Anandi, hal ini terbukti dapat membuat tubuh menjadi rileks. Tidak hanya tubuh saja, namun pikiran juga dapat menjadi lebih tenang. Pose ini dikenal dengan nama Viparita Karani dan dipercaya dapat meningkatkan peredaran darah, meredakan stres dan rasa gelisah. Anandi merekomendasikan untuk melakukan pose ini selama 10 menit sebelum tidur.

2. Mematikan Lampu

Woman with insomnia lying in bed with open eyes

Anandi menjelaskan, tubuh manusia bereaksi terhadap cahaya. Ketika lampu kamar dimatikan, kadar serotonin pada tubuh meningkat dan tubuh akan melepaskan melatonim sehingga memberikan sinyal bagi tubuh untuk tidur. Selain mematikan lampu secara keseluruhan, dengan cahaya redup juga dapat membantu tubuh untuk tidur.

3. Bernafas

smiling-girl-with-closed-eyes-stretching-to-P2CLL2H.jpg

Baiklah, bernafas pasti hal yang harus dilakukan oleh setiap orang, namun bagaimana hal ini dapat membantu kamu untuk tidur lebih cepat? Anandi menjelaskan, dengan memperhatikan pola bernafas dapat mempersiapkan tubuh kamu untuk tidur. Caranya adalah bernafas lebih dalam karena hal ini dapat membantu detak jantung melambat, pikiran lebih santai dan membuat kamu tertidur lebih mudah. Anandi merekomendasikan untuk melakukan meditasi bernafas ini selama 15 menit dengan lampu yang sudah dipadamkan dan bernafas secara dalam melalui diafragma untuk membantu kamu tenang.

Selamat mencoba & selamat tidur!

 

By: Ricky Wiranto

Advertisements

Leave a Reply