Health

Masih Awam dalam Meditasi? Ini Tips yang Perlu Kamu Ketahui

Dibalik manfaatnya yang sangat banyak, meditasi  banyak direkomendasikan oleh para ahli untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik. Namun bagi awam, meditasi bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan mengingat fokus yang diperlukan untuk mencapai titik tenang tersebut tidak semudah menutup mata saja.

Bagi kamu yang masih awam dan ingin menjadikan meditasi sebagai bagian dari gaya hidup terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan tanpa “memaksa” diri untuk meditasi. Dilansir dari Brit.co, berikut adalah tips yang perlu kamu ketahui:

  1. Carilah tempat yang bebas dari gangguan

 

Pikiran kamu tidak akan tenang apabila tubuh pada saat meditasi berada dilingkungan yang dirasa tidak nyaman. Oleh karena itu, melakukan meditasi diruang terbuka tidak seideal dilakukan ditempat ruangan tertutup. Tujuannya adalah agar dapat membantu melakukan meditasi dengan lebih khusuk.

2. Pastikan kamu nyaman

Menemukan posisi yang nyaman untuk meditasi menjadi hal yang penting untuk memulainya, apabila memungkinkan lakukan dengan posisi duduk yang dibelakangnya terdapat sandaran untuk memudahkan kamu yang masih awam untuk meditasi.

3. Fokus pada nafas

Pernafasan menjadi bagian penting bagi kebanyakkan latihan mental, pada saat meditasi pun begitu. Untuk pemula, kamu dapat menarik nafas dalam sebanyak 10x, tarik dan hembuskan selaras dengan merilekskan tubuh kamu. Menarik nafas yang mendalam tergolong cara yang efektif untuk melepaskan ketegangan dan mampu membuat tubuh kamu menjadi rileks serta membantu meditasi lebih khusuk.

4. Lepaskan pikiranmu

Meditasi bukanlah suatu kegiatan yang harus dilakukan secara terstruktur dan kaku, pada dasarnya poin penting dalam melakukan meditasi adalah memberikan izin pada diri kamu sendiri untuk menjelajahi semua pikiran dan hal yang telah kamu lalui ketika berada pada titik fokus tersebut.

Source: https://www.brit.co/how-to-meditate-without-really-trying/

By : Ricky Wiranto

 

Advertisements

Leave a Reply

%d bloggers like this: